Berbuka Puasa Dengan Dessert Coklat Kacang Skippy

“Ramadhan tiba…Ramadhan tiba…”

ehhh bawaanya pengen nyanyi lagu itu aja deh kalo bulan Ramadhan begini…hihihi…

Bulan Ramadhan itu memang bulan pernuh berkah untuk semua orang, bulan penuh kebahagiaan…terutama kalo yang suka perkulineran seperti saya saat di bulan Ramadhan seperti ini. Berbagai jajanan dan minuman beraneka ragam tersedia dimana-mana dan sangat beragam jenisnya. Tapi yang tidak pernah terlewat adalah saat berbuka pasti pengennya berbuka dengan yang manis-manis.

Memasuki di hari pertama bulan puasa kemarin itu, tubuh seperti mengalami detoks yang luar biasa. Begitulah tubuh ini, seperti latihan yang harus dibiasakan lama kelamaan tubuh akan terbiasa berpuasa. Minggu pertama tubuh akan mengalami penyesuaian dan saat memasuki minggu kedua tubuh sudah mulai terbiasa dan kita happy saat menjalani puasa satu bulan penuh.

Begitu juga dengan si kakak tahun ini dia memang baru pertama kali menjalani puasa satu hari penuh, karena di tahan-tahun sebelumnya kakak Refa hanya berpuasa sampai Dhuhur saja karena kesehatannya. Untuk menyemangati dia berpuasa tak jarang saya harus melakukan ‘aksi akrobatik’ di dapur…apa yang harus saya masak tiap hari agar saat berbuka puasa nanti si kecil bisa lebih segar kembali setelah seharian menjalani puasa penuh.

 “Di lemari ada puding coklat, ada Skippy Peanut Butter…rasanya pengen bikin yang manis-manis dan segar-segar….” 
“aahhh…kenapa gak bikin dessert aja buat buka puasa nanti….”

Kadang sering sekali saya bergumam sendiri di dapur kalau tidak ada siapa-siapa…ahhahaha…berdiskusi dengan diri sendiri…dan memutuskan sendiri apa yang harus saya buat di tempat kerja ibu-ibu ini alias dapur….heeee (ada yang suka begitu???…ahahaa)

Okelah…saatnya beraksi dan menyiapkan berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Akhirnya saya putuskan untuk membuat “DESSERT COKLAT KACANG SKIPPY”.

Adapaun bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat “DESSERT COKLAT KACANG SKIPPY” adalah sebagai berikut :

 

“DESSERT COKLAT KACANG SKIPPY”.

Bahan:

  • 2 sendok makan Selai Kacang Skippy
  • 145 g Bubuk puding rasa coklat (dibagi dua bagian untuk lapisan pertama dan kedua)
  • 250 ml gelas air putih untuk lapisan pertama dan 250 ml air putih untuk lapisan kedua

Bahan Fla :

  • 150 ml Susu cair
  • 3 sm Gula pasir (sesuai selera)
  • 2 sm Tepung maizena

 

Cara membuat :

  1. Bagi bubuk puding rasa coklat menjadi dua bagian. Satu untuk lapisan bawah dan satu untuk lapisan atas.
  2. Masak bagian pertama puding rasa coklat dengan 250 ml air putih, aduk hingga mendidih.
  3. Tuang ke dalam cup, biarkan kurang lebih 12 menit.
  4. Masak bagian kedua, masukkan puding rasa coklat, selai kacang Skippy dengan 250 ml air putih, aduk hingga mendidih. Tuangkan kedalam cup sebagai lapisan kedua, biarkan hingga puding dingin.
  5. Sambil menunggu puding dingin kita buat dulu fla sebagai pemanis puding saat dihindangkan. Tuang air, tepung maizena dan aduk hingga mendidih.
  6. Masukkan susu cair dan gula aduk hingga terlihat mengental dan dinginkan.
  7. Hias puding dengan menambahkan fla diatasnya. Dessert Coklat Kacang Skippy siap dihidangkan.

 

Suara Adzanpun berkumandang… kebetulan rumah saya memang dekat sekali dengan Masjid jadi terdengar sangat jelas saat Maghrib tiba.

Si kakak sudah siap di depan meja dan mulai berdoa berbuka puasa.

Dan seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya, yang pertama kali dia ambil di meja adalah “DESSERT COKLAT KACANG SKIPPY”. Si kakak begitu lahap menikmati dessert coklat kacang Skippy dan akhirnya cup pertamapun ludessssss…

“Ini manis bunda…enak…segerrr….ada rasa kacangnya ya bunda…”

Si kakak memuji Dessert Coklat Kacang Skippy buatanku hari ini. Ibu mana tidak senang jika si kecil menyukai apa yang kita buat dan dia sangat lahap saat menikmatinya. Si kakak memang suka sekali makan dengan bahan makanan dari kacang.

Sekarang gak perlu repot lagi kalau bikin berbagai olahan masakan dari bahan kacang, karena ada Skippy Peanut Butter yang terbuat dari kacang asli. Teksturnya sangat lembut dan kental, bisa juga dimakan dengan sepotong roti tawar dan diolesi dengan selai kacang Skippy.

Terimakasih Skippy…seharian di dapur rasanya tidak sia-sia, karena rasa istimewa dari selai kacang Skippy bikin dessertku semakin istimewa hari ini, untuk menu berbuka puasa anggota keluargaku.

 

 

 

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*