Cari Tahu Dulu Jenis dan Manfaat Air Yang Kamu Minum

 

Berapa banyak sih sebenarnya air minum yang harus kita konsumsi sehari untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh kita? Air putih yang seperti apa yang bagus untuk tubuh kita?? Lalu…apakah air putih yang kita konsumsi sehari-hari itu sudah memenuhi kebutuhan kesehatan kita? Wahhh…ternyata banyak ya yang harus kita tahu tentang air putih ini…

Selama ini saya masih berpikiran air putih yang saya minum sehari-hari itu sama saja kandungannya…yang penting warnanya putih…dan tidak bau…sudah cukup…pasti aman dan akhirnya masuklah ke tubuh kita, ternyata ada banyak kandungan yang harus kita perhatikan dibalik kesegaran air putih yang setiap hari kita konsumsi tersebut.

Senin (1/10/2019), saya mengikuti talkshow Hydration di JW Marriot bersama Danone – AQUA dengan tema  “Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat”. Pada kesempatan tersebut Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan, “Minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif.”

Seperti yang kita tahu kebutuhan air putih sebaiknya 8 gelas sehari, tapi ternyata kebutuhan air putih untuk orang dewasa dan anak-anak tidaklah sama. Untuk anak-anak 6 gelas sehari sudah memenuhi kebutuhan tubuh mereka. Sedangkan untuk orang dewasa laki-laki lebih banyak satu gelas dari pada perempuan.

Lebih lanjut dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan, “Dalam rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat bahwa selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi delapan gelas sehari. Hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik itu jangka pendek seperti penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit maupun jangka panjang seperti gangguan ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih atau pun risiko kegemukan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan kebiasaan minum air untuk menjaga kecukupan hidrasi agar tubuh tetap sehat.”

 

Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan

Dan saat ini air minum dalam kemasan atau yang disingkat menjadi AMDK menjadi pilihan paling praktis dan tepat untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Dengan banyaknya jenis AMDK yang dijual di pasaran saat ini, tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, “AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, hanya 4 jenis air minum dalam kemasan yang dibahas lebih lanjut dalam acara kali ini, yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi).  Keempat jenis air minum tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula. Air Mineral merupakan AMDK paling mudah ditemukan di pasaran. Air mineral mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, sesuai dengan yang diatur dalam SNI yang berlaku.

Dalam air mineral terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium, dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa manfaat mineral yaitu Natrium menjaga keseimbangan cairan & elektrolit, Magnesium untuk menjaga sistem kardiovaskuler, Kalsium menjaga kesehatan tulang, Kalium untuk sistem saraf dan otot, Zinc untuk pembentukan sel dan enzim, Florida mencegah karies gigi, Silica membantu memperkokoh jaringan.

Sedangkan type air minum dalam kemasan di indonesia terdiri dari:

  1. Air mineral : air yang mengandung mineral alami dengan pH 6,5 – 8,5 tidak zat tambahan lain
  2. Air Demineral : air yang proses pembutannya dengan cara destilasi/ reserve osmosis / deionisasi. pH 5,0 – 7,5
  3. Air Beroksigen : Proses pembuatannya dengan mencampur AMDK + Oksigen (O20) pH 6,5 – 8,5 untuk air mineralnya 50-0,75 sedangakn untuk demineral air oksigen dengan kadar 50- 7,5
  4. Air Alkali : proses pembuatannya dengan elektrolisis atau penambahan garam. Dengan pH 8,5 – 9,97

Dan air mineral sendiri adalah AMDK yang saat ini paling banyak ditemui dipasaran selain itu air mineral dengan jumlah pH 6,5-8,6 adalah air mineral yang memenuhi standart SNI.

Manfaat mineral bagi tubuh juga sangat banyak sekali diantaranya Ko-faktor bagi reaksi enzimastis dalam tubuh, memelihara keseimbangan pH cairan tubuh, membantu transport komponen nutrisi antar sel, memelihara kerja jaringan saraf, membantu kontraksi dan relaksasi jaringan otot , membantu pengaturan pertumbuhan jaringan serta membantu sistem fungsional dan struktural tubuh.

Selain itu syarat air minum yang baik adalah :

  1. Tidak berwarna
  2. Tidak berbau
  3. Tidak berasa
  4. Tidak mengandung zat yang mebahayakan tubuh (campuran mikroba, cemaran fisik, cemaran pestisida, cemaran logam berat, cemaran kimia).

Danone-AQUA sebagai pelopor air mineral sejak 46 tahun terus berkomitmen dengan berbagai pihak seperti IHWG dan Universitas Indonesia, serta beberapa universitas lain di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

Lebih lanjut Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti mengatakan, “Sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Danone-AQUA memiliki misi untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Misi ini sejalan dengan visi Danone, “One Planet One Health”, di mana kami percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat. “

Wahh… ternyata memilih air minum sehari-hari itu harus sama telitinya kalo kita memilih pasangan hidup ya…harus benar-benar teliti agar air yang kita konsumsi memenuhui kebutuhan tubuh kita, tidak malah membahayakan tubuh. Harus teliti…baca dulu kandungannya…lihat kemasannya… masih bagus atau tidak…berbau atau tidak…pokoknya kita harus pintar dan bijak dalam memilih dan memilah apa yang akan masuk dalam tubuh kita apalagi untuk keluarga. Jadi…sudah minum air putihkah kalian hari ini?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*