Danau Kawah Paling Indah di Indonesia, Pesona Indah Negeri Kita

 

Danau biasanya terbuat dari cekungan besar di suatu permukaan yang kemudian diisi oleh air. Bisa di daratan, bisa juga di lautan, juga bisa terbentuk di atas kepundan gunung berapi. Menurut informasi, sekitar 12% dari ratusan gunung berapi yang ada di bumi kawahnya menampung air sehingga menutupi mulut gunung. Indonesia tidak ketinggalan menyumbangkan danau-danau kawah paling indah yang membuat kita harus selalu bersyukur atas campur tangan Tuhan untuk negeri kita.

 

Kawah Putih Tinggi Raja

sumber:media.travelingyuk.com

Di tanah pulau Sumatera, ada satu kawah yang ditutupi air sehingga membentuk permukaan danau yang indah. Kawah Putih Tinggi Raja namanya, memiliki permukaan air yang begitu biru yang dibingkai oleh batu-batu berwarna seperti salju. Tidak banyak yang menyadari keberadaan kawah ini karena tersembunyi di balik hutan. Kawah Putih Tinggi Raja dapat ditempuh sekitar 3-4 jam dari kota Medan. Jika kamu beruntung mendapat promo tiket murah dari Traveloka ke sana, buktikan sendiri biru permukaan Kawah Putih Tinggi Raja dan bagikan informasinya ya.

 

Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu

sumber:portalsejarah.com

Bagaimana bisa sebuah gunung memiliki tiga danau yang semuanya tidak sama warnanya? Namun dengan ditemukannya Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu ini, tidak sedikit ahli geologi yang tertarik mengunjungi, menganalisis, serta memaparkan idenya tentang perbedaan warna tersebut. Terletak di Nusa Tenggara Timur, kamu perlu sedikit mengorbankan banyak tenaga untuk berburu tiket murah hingga mendaki Gunung Kelimutu di saat yang pas untuk menikmatinya. Tips, usahakan mendaki saat tengah malam dan sampai di bibir danau saat sang surya bersiap memasuki jam tugasnya.

Kawah Putih Ciwidey

sumber:pikiran-rakyat.com

Yang putih sebenarnya tanah di sekeliling kawah, sedangkan danau yang terbentuk karena letusan Gunung Patuha di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, ini berwarna hijau tosca. Menurut para ahli, warna putih yang melapisi permukaan tanahnya terjadi karena bercampur dengan belerang. Keindahan Kawah Putih Ciwidey memang membuat siapapun pengunjungnya menarik nafas tercekat. Di pinggir kawah banyak terdapat bukit serta pepohonan yang mati mengering dan membuatnya mirip seperti sedang di belahan dunia lain yang mengalami empat musim.

Kawah Ijen dengan Blue Fire-nya

sumber:wikipedia.org

Gunung berapi tidak hanya meninggalkan tanah yang gembur subur usai ia meluapkan kemarahannya. Ada juga bahan tambang yang muncul ke permukaan dan sangat bermanfaat untuk manusia. Kawah Ijen misalnya. Danau yang terbentuk setelah meletusnya Gunung Ijen memang manjadi bukti keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Di sana pemandangannya permukaan danaunya sangat indah, ditambah keberadaan tambang belerang yang mengalir dari perut bumi. Pada periode tertentu, pijaran cahaya biru di balik sosok para penambang belerang akan terlihat begitu nyata. Itulah momen emas yang ditunggu pengunjung ketika mendaki Gunung Ijen.

Indah tapi pengorbanan mendaki gunungnya yang dilakukan tetap bersahabat kok untuk keluargamu. Jadikan tempat-tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga karena ke manapun tiket promo murah, kamu bisa menemukan tempat indah milik Indonesia yang layak diperkenalkan pada dunia.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*