Kementerian PUPR Gandeng Anak Muda Melalui PUPR Goes To Campus

Muda dan Peduli Pembangunan Infrastruktur????

Ah…masak iya sihhh anak muda mempunyai kepedulian besar dengan apa yang dilakukan pemerintah??? Mending dengerin musik jedag jedug sambil geleng-geleng deh…mending clubbing aja deh…masa bodoh sama apa yang dilakukan pemerintah…paling ya gitu-gitu doang…

E..e.e..e.e.e…jangan salaaahhhh…anak muda jaman now itu bedaa…buanyakkk yang peduli dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah, masih banyak yang kritis dengan pembangunan yang sedang dijalankan pemerintah.

Mau contoh? Niiii…ekye kasih contoh yaaa gaesss…

Jadi hari Rabu (15/11) kemaren, di Universitas Airlangga sudah pada bejubel sama anak muda yang pada kepo semuaa….kepo sama pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan sekarang khususnya di Pulau Jawa, secara seperti yang kita tahu nihh yaa..Presiden Jokowi yang super gokil itu memang sedang ngejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur negara ini dengan sangat merata.

Siang itu, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Media Indonesia (MI) melaksanakan agenda menyapa mahasiswa dalam acara PUPR-MI Goes To Campus di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.

Acara ini tidak hanya menampilkan talkshow aja, tapi juga ada aneka booth menarik yang ada di luar ruangan alias outdoor. Ada berbagai booth makanan yang enyak-enyak pake banget dan kebetulan saya belum sarapan langsung deh nyasar ke booth makanan…hahaha (ketahuan yaa sekarang).

Tapi yang tak kalah seru dan menarik perhatian adalah booth Kementerian PUPR karena disana kita bisa mendapat banyak informasi tentang program PUPR dan bisa juga melakukan frame photo session…asik-asik.

Booth KemenPUPR

 

Disini juga ada stage untuk menyalurkan hobi bermusik mahasiswa. Mulai dari musik yang easy listening sampai musik ground…yang kalo didenger ditelinga kayak tawon itu…semua ada. Saya yang sudah emak-emak berada dikerumunan mahasiswa yang kayaknya masih semester unyu-unyu itu serasa ikut jadi unyu-unyu lagi…eeaaa.

Saatnya kita semua dipersilahkan memasuki gedung convention centre Unair. Ternyata didalam sudah penuh dengan lautan mahasiwa yang sangat antusias mengikuti talk show ini.

Acara dibuka dengan penampilan band kampus yang super cadas, dilanjutkan dengan penampilan band Endah N Resha yang lagu-lagunya memang sudah familiar di telinga. Tentu saja ada penampilan seni tari yang dibawakan oleh mahasiswa berprestasi dari Unair sendiri.

Penampilan Endah N Rhesa.

 

Acara yang bertajuk Muda, Aktif dan Peduli Infrastruktur tersebut juga menyajikan Talkshow dengan tema ‘Saatnya Mengambil Manfaat Pembangunan Infrastruktur di Pulau Jawa’ yang dipandu presenter Metro TV yang canteeekkk dan berhidung mancung secara doi adalah keturunan Arab…uuuii…siapa siiichh?? Najwa Shihab?? Bukaaannn…doi adalah Zackia Arfan.

Dalam kesempatan itu hadir pula sebagai narasumber yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR, Wakil Rektor IV UnairJunaidi Khotib, Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong, Direktur Utama Semen Indoenesia Hendi Prio Santoso.

Lagu Indonesia Raya menggema di convention centre Unair siang itu.

 

Mengawali talkshow tersebut bu Anita Firmanti selaku Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR mengatakan tujuan diadakan acara ini untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa sebagai anak muda tentu saja penerus bangsa, agar lebih peduli serta mampu terlibat dalam pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah gencar dilakukan pemerintah.

Ada banyak hal yang saya pelajari dengan datang ke acara penuh gizi ini. Saya jadi tahu ternyata pembangunan infrastruktur sangat memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai sektor, terutama sektor ekonomi dan sosial. Yang paling sederhana adalah pembangunan jalan raya yang semakin merata. Bayangkan bila jalan raya saja masih belum banyak dibangun dan banyak yang berlubang pasti kita akan kesulitan sekali melakukan aktifitas.

Dipedesaan sekarang juga sudah banyak pembangunan jalan dan irigasi untuk memudahkan para petani melakukan kegiatan mereka. Mengirim dan memasok barang akan semakin mudah karena jalan-jalan semakin baik kondisinya. Kesejahteraan masyarakat desapun otomatis akan semakin lebih baik. Seperti nilai yang ada pada sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yaitu tercapinya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur secara lahiriah maupun batiniah.

Untuk bisa bersaing dengan negara luar, maka pembangunan infrastruktur dalam negeri kita ini harus bisa diperbaiki terlebih dahulu. Dengan begitu rakyat akan lebih siap bersaing dengan negara asing.

Acara talkshow ini semakin menarik saat  sesi tanya jawab, banyak mahasiwa mengajukan pertanyaan yang kritis dan menanyakan tentang pembangunan infrastruktur yang sedang terjadi sekarang. Saya sendiri merasa bangga saat anak muda itu kritis menanyakan berbagai akibat dari pembangunan infrastruktur yang terjadi, ternyata mereka begitu peduli dengan lingkungan alam Indonesia. Tentu saja isu lingkungan ini menjadi tema yang menarik waktu itu.

“Tentu saja pembangunan yang sedang marak saat ini, dibarengi dengan perencanaan dan desain yang sangat matang sehingga tidak mengganggu lingkungan alam dan lebih bermanfaat untuk masyarakat” jawab Bu Anita Firmanti dengan bijak.

Konsep pembangunan berwawasan lingkungan menjadi salah satu desain KemenPUPR dalam menjalankan pembangunan infrastruktur.

 

Jadi makan BANGGA gak sih sama pemerintah Indonesia?? BANGGETTTT…

Pliss deh cinnn…mulai sekarang jangan hanya mengeluh and be a positive thinker. Buktikan kita tu juga bisa ikut andil dalam pembangunan pemerintah saat ini, tentu saja dengan hal yang paling sederhana banget dan yang paling bisa kita lakukan, misalkan melaporkan bila ada jalan raya yang rusak…itu aja udah cukup ngebantu banget buat tim KemenPUPR dalam menjalankan pembangunan infrastruktur.

Dan pada akhirnya saya sebagai warga kembali merasa BANGGA kepada Pemerintah khususnya tim KemenPUPR atas berbagai pembangunan infrastruktur yang banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat Indonesia khususnya Pulau Jawa. Semoga masyarakat kedepan semakin bisa memanfaatkan hasil dari pembangunan tersebut. PROUD OF INDONESIA!!!

 

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*