Maharani  Zoo & Goa, Ukiran Alam Yang Unik

Wallaaaa…Akhirnya kesampaian juga mengunjungi goa eksotis ini, Goa yang terletak di kecamatan Lamongan Jawa Timur ini memang terkenal dengan keindahannya. Apalagi mendengar cerita bagaimana goa Maharani ini ditemukan menambah penasaran saya. Bersama keluarga saya memasuki area wisata ini dengan membeli tiket seharga Rp.60.000 per orang, ini adalah harga tiket pada hari libur, kalo hari biasa sih harganya gak segitu yaaaa…harganya lumayan bersahabat jika melihat lokasinya yang bersih yaitu Rp.40.000 per orang.

Welcome in Maharani Zoo & Goa…yaaa…di Goa Maharani ini juga  ada kebun binatangnya. Berbagai satwa ada di kebun binatang ini, saya sendiri sangat kagum dengan kebun binatangnya, jika biasanya kebun binatang terkenal dengan kata ‘kotor’ tidak di Maharani Zoo & Goa ini, benar-benar bersih.

Berbagai satwa di Maharani Zoo. (foto by frida)
Refa sendiri senang sekali masuk disini, dia bisa melihat berbagai satwa yang selama ini hanya bisa dia baca di buku cerita. Dari Kangguru, Rusa, Aneka burung, Berbagai jenis Singa dan Buaya ada semua lengkap pokoknya. Tapi ada satu hewan yang mencuri perhatian saya, yaitu Ayam yang mempunyai bulu lebat hampir menutupi seluruh tubuhnya.
Saat memasuki destinasi wisata Goa ini, saya sudah bica mencium udara lembab Goa dari anak tangga Goa, tapi tidak perlu khawatir saat didalam Goa ini, sudah ada fasilitas kipas angin jadi tidak perlu takut gerah…asikkan..:).  Penemuan goa ini pun sebenarnya tidak sengaja bila mendengar cerita dari masyarakat.  Yaitu ketika istri salah seorang mandor penambang yang bernama Ibu Maharani bermimpi melihat dua ekor naga bermahkota sedang menjaga cahaya bunga-bunga yang sangat indah dan berwarna-warni. Dengan bantuan dari berbagai pihak, maka ditemukanlah goa ini, jadi nama dari Goa ini diambil dari Ibu Maharani, jadilah namanya Goa Maharani.
Berbagai keindahan didalam Gua Maharani (foto by frida)
Stalaktit dan stalagmit yang dimiliki Goa Maharani begitu cantik dengan berbagai warna saat terkena cahaya. Sampai saat ini stalakmit dan stalagtit di Goa Maharani ini masih terus tumbuh. Berbagai bentuk stalagmit dan stalaktit yang sangat unik menambah kekaguman saya pada Goa ini. Ada yang bernama Songgo langit, Mahkota Maharani, dan masih banyak lagi. Tak henti-hentinya saya mengagumi lukisan Tuhan ini, atap Goa ini pun begitu indah seperti terkonsep secara rinci, dari lubang-lubang atap itu terlihat begitu sempurnanya desain sang Maha Pencipta. Yang menarik saat berada didalam Goa saya tidak melihat kesan seram sama sekali, karena alunan musik lembut mengiringi pengunjung yang berada didalamnya.
Selesai dari Goa Maharani kita langsung menuju Museum Batu (Gem Stone Gallery), disini saya menemukan berbagai batu alam yang eksotis dan indahhhhhhh sekaliiiii, berbagai macam koleksi batu dari penjuru dunia ada disini beberapa diantaranya Tibnite & Quartz, Lapiz Lazuli, Quartz Cluster, Amethyst & Quartz Plates of Flower, Clear Quartz Obelist, Sichuan Green Quartz, Amethyst Sphere dan beberapa fosil daun dan kayu. Dan yang unik ada batu yang bermotif batik juga looo. Semua batu itu terlihat indah dan eksotis saat sinar cahaya memancar di sekelilingnya. Jika anda termasuk salah satu kolektor batu alam, wajib mengunjungi Museum Batu di Goa Maharani ini, dijamin puas saat menikmati eksotisnya batu alam tersebut.
Koleksi di Gem Stone Gallerry. (foto by frida)
Dari Musem Batu (Gem Stone Gallery) kami  menuju lokasi tunggang Gajah, sayangnya saat itu Arena ini sedang tutup dikarenakan bertepatan dengan hari besar. Tiket naik tunggang Gajah ini cukup terjangkau yaitu Rp.20.000/orang. Tunggang Gajah ini buka dua kali, sesi pertama buka dari pukul 10.00 WIB -12.00 WIB istirahat dan buka kembali pukul  14.00 WIB -16.00 WIB.
Disini juga disediakan fasilitas cafe dengan nama “Exotic Albino” sudah tau kan dari namanya aja udah berbau albino, selain cafe disini juga ada berbagai satwa albino dari kera, ular, dan masih banyak lagi. Bagi pengunjung yang sempat bingung kehabisan batrei handphone tak perlu risau dan galau berkepanjangan…hohoho…disini disediakan box charge yang masing-masing box ada kunci sendiri-sendiri, jadi saat handphone sedang ngecharge, boxnya kita kunci dan aman dehh…bisa kita tinggal menikmati berbagai menu yang disediakan di café ini.

Exotic Albino Cafe. (foto by frida)

Fasilitas jembatan penyeberangan (atas) dan eskalator (bawah) untuk menghubungkan wisata Gua Maharani dan WBL.
(foto by frida)
Maharani Zoo & Goa ini sendiri sebenarnya terletak pas berhadapan dengan lokasi wisata WBL (Wisata Bahari Lamongan) bahkan untuk mempermudah wisatawan bila ingin mengunjungi kedua lokasi ini disediakan eskalator dan jembatan penyeberangan yang menghubungkan dua lokasi wisata ini, asik yaa….sayangnya saat ini eskalator dimatikan, karena menurut salah satu penjual disana , sering terjadi kecelakaan saat menaiki eskalator itu. Duhh…sayang sekali padahal fasilitas ini sangat memudahkan wisatawan untuk bisa mengunjungi dua lokasi wisata tanpa harus bingung pindah parkir mobil lagi. Perlu kedisiplinan dari kita juga sebagai pengunjung saat mendatangi lokasi wisata supaya lebih berhati-hati dan tidak merusak fasilitas yang ada…betul nggak..heee…(termasuk saya juga), jadi saat hari libur tiba Maharani Zoo & Goa ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi keluarga untuk berwisata dengan aman dan nyaman.

2 Comments

  1. Itu fosil kayu usianya sudah -+ 2.500 tahun ck ck ck..trus goanya itu hhmm…. jadi kepengen wisata alam ke sana deh mbak. kalau bawa orangtua kuat ga yach? HTM nya terjangkau ya ke zoo 40rb weekdays dan 60rb weekend, tq infonya mbak.

    • Saya kesana waktu itu ngajak neneknya juga mbak..insya Allah kuat mba…karena banyak tempat istirahat ditiap area…makasih y mbak nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*