Masak Seru Bersama Finna Foodies Cooking Competition

Minggu (21/1/2018) di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya saya dan suami mengikuti sebuah kompetisi memasak, ini adalah event yang tidak akan terlupakan karena kami berdua seru-seruan bareng di Finna Foodies Cooking Competition ini.

Saat pertama mengisi form pendaftaran Finna Foodies Cooking Competition ini, saya sempat ngentengin banget, “waalllaaahhh…gamppiiillll yaaahhhh…tiap hari masak aja kok…”.

Dan untuk membuktikan ‘Kegampilan’ saya itu, datanglah kami ke Finna Cooking Competition siang itu. Sebelumnya saya harus melakukan regristrasi terlebih dahulu, serta mengambil nomer perserta dan saya mendapat no.11.

Registrasi dulu sebelum memasuki area Finna Cooking Competition.

 

Setelah mendapatkan nomer perserta, kami diharuskan untuk memilih dua varian sambal uleg Finna dan satu varian krupuk Finna yang akan kami jadikan bahan utama saat memasak nanti. Ada 4 varian rasa sambel Uleg Finna saat itu yaitu sambel Terasi, sambel hijau, sambel bawang, sambel pedas. Akhirnya saya memilih dua varian yang memang menjadi favorit saya Sambel Pedas dan Sambel Bawang, tak lupa krupuk yang saya pilih tentu saja krupuk udang (udang tetap jadi favorit yaaahhh).

Setelah semua persiapan selesai dilakukan oleh panitia, kita dipersilahkan untuk menuju meja masing-masing sesuai nomer peserta. Sebelum kontes memasak ini dimulai, Chef Ken membacakan semua peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap perserta, seperti memasak hanya diberi waktu sampai 90 menit dan peraturan yang bikin saya ngakak adalah PERSERTA WAJIB MENCICIPI SEMUA MASAKAN YANG DIMASAKNYA….wkwkkwkwkkw…okee….rupanya bapak juri tidak mau celaka sendiri jika makanan yang kami masak itu ‘mengandung zat yang membahayakan’ hahahahha.

Mysteri Box tersedia di masing-masing meja peserta.

 

MYSTERY BOX pun sudah tersedia diatas meja masing-masing peserta, dan dihitungan kesatu kami membuka mysteri boxnya dan yang ada dalam isi MYSTERY BOX kami adalah telur, ayam, mete, bawang prei, kecap, saus tomat, tomat, bawang merah, bawang putih.

Berbagai bahan dan peralatan yang disediakan oleh panitia.

 

Sesaat setelah membuka mystery box itu kami berdua cuma pandang-pandangan ala-ala film India…cieee….maaf yaa ini pandangan orang bingung bukan pandangan mesra…hahahah. Dan disini terbukti saya terlalu menyepelekan sebuah Cooking Competition, ternyata tidak mudah yaaaa ..apalagi kalau kita belum tahu pasti bahan apa saja yang akan kita masak nantinya.

Sempat saling adu argumen ayam ini enaknya diapain ya…suami bilang “dibakar ajaaa bun…”, tapi saya juga bingung “mbakarnya gimanaaa????” , lalu berubah lagi “sudahlah digoreng aja…trus dikecapin, hahaha…emangnya mau ngasih maem refa dirumah cuma masak ayam digoreng ditoletin kecap sama krupuk….hahahahahha.

Akhirnya keputusanpun kami ambil…bumbu-bumbu yang tersedia ini pun kami jadikan masakan ayam yang berkuah tapi diberi taburam mete…wuaahh pikiran saya langsung ngebayangin tampilannya pasti oke nihh…soalnya ada metenya….hahahah.

Hal pertama yang kami lakukan adalah mencuci semua bahan dan ini bagian suami yang wara wiri  mencuci bahan plus goreng krupuk, karena kalo di rumah dia emang jago goreng krupuk dan terbukti krupuk yang dia goreng hasilnya sempurna (paling tidak gak gosong lah yaaa..hahaha).

LAAA TRUS SAYA NGAPAIAN ?? saya bagian masaknya…sreng sreng sreng…pertama saya goreng dulu metenya, agar si wajan tidak  lengket nanti kalo kami goreng  bahan dasar dulu…dan disaat saya menggoreng mete ada kejadian yang bikin saya deg-degan “sutil saya meleleh” duhh..betapa deg-degannya saya saat itu, gimana kalo nanti panitianya marah karena sutilnya saya lelehkan….sedangkan si MC dan Chef Ken dan beberapa panitia selalau mondar-mandir disekitar saya…jadilah saya masak sedikit gak konsen karena dag dig dug sutil meleleh…hahaha.

Dan setelah semua bumbu dan bahan sudah selesai dimasak dilanjutkan dengan proses platting, jadilah masakan kami saat itu juga dan kami peserta pertama yang selesai memasak, walaupun gak tau hasilnya gimana…wkkwkw.

Dan yang bikin saya ngakak sekali lagi adalah saat foto session makanan kami, ada salah satu panitia berbisik pada pak suami “mas..mas…krupuke sampean iku kakean…“ hahahahahahahh….anggap aja..kita emang suka krupuk kok….kwkwkwk.

foto by @finnafood_id

 

Ini dia MASAKAN KEBANGGAN kami…xixixxi.

Oh yaa…ternyata masakan yang sudah kami selesaikan itu belum ada namanya…hahhaaa..berkali-kali Chef Ken dan MC ber tanya pada kami…”ini masakannya apa”, dan kami selalu belum tau jawabannya….kwkwkwwk…aduhhh…jadi ingat ngasih nama si kakak Refa dulu, kita ngasih nama anak aja setelah dia lahir dan tidak mempersiapkan nama sebelumnya…kok sekarang diulangi lagi ngasih nama masakan pada lomba begini jugaa…duhh Gustiiii…ahhahaha.

Saat penjurianpun tiba, untunglah saat Chef Ken dan Inijie mendatangi meja kami bersama si MC nama sudah kami persiapkan “AYAM METE BUMBU KECAP SAMBEL PEDAS FINNA” puaanjaanggeee namanya.

Chef Ken dan Inijie saat melakukan penjurian pada setiap masakan.

 

Saat Chef Ken dan Inijie mencicipi masakan kami mereka sempat berkali-kali nambah makan masakan kami, entahlah mereka suka atau bahkan bingung dengan rasanya yang tidak pas menurut lidah mereka….hiihi.

Chef Ken sempat bilang “ini kalo sama nasi anget enakkk…sayang tidak ada petainya”…wuuuahh.

Kalo Juri Inijie bilang “saya sih oke yaa rasanya, hanya terlalu oily aja”.

Iya sih memang masakan saya terlalu banyak minyak, tapi ya sudah lah udah terlanjur.

Para pemenang lomba Finna Cooking Competition.

Dan pemenangpun diumumkan, dua pemenang foto terbaik, satu pemenang tim paling kompak, dan tentu saja juara satu, dua dan tiga lomba memasaknya. Kali ini saya dan pak suami memang tidak memenangkan Finna Cooking Competition ini, tapi buat kami berdua event ini benar-benar event yang paling seru karena yang biasanya saya hanya sendiri mengikuti event, kali ini saya bisa barengan dan seru-seruan bareng suami.

Tenggkyuuuuu Finna…ditunggu next Finna Foodies Cooking Competition berikutnya yaaaaa…

5 Comments

  1. Seru ya mbak acaranya. Saya suka acara begini walau pasti kagok kalo disuruh masak hehe. Btw, aku baru tahu Finna ada sambalnya juga. Jadi pingin nyobain nih buat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*