Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Si Manis Prive Uri-Cran

Saya masih ingat saat masih kecil, sering sekali saat main tiba-tiba terserang anyang-anyangan. Kalau sudah begitu nenek saya langsung ambil kapur sirih diaduk pake sedikit air, dan langsung dioleskan diperut saya pas dibawah pusar dengan membentuk lambang plus (+).

Saya bertanya kepada nenek saya ‘Saya ini dikasih apa to buk ?”.  Ibu adalah panggilan saya kepada nenek.

“ini kapur sirih, obat untuk anyang-anyangen dioleskan begini saja diperut, nanti perut akan terasa hangat dan anyang-anyangannya sembuh sendiri” sambil mengoleskan kapur sirih nenek saya menjelaskan manfaat kapur sirih yang beliau oleskan.

Jaman dulu obat-obatan tradisional begini masih sering sekali digunakan. Saya sendiri kurang tahu apakah memang benar kapur sirih bisa menyembuhkan anyang-anyangan bila dioleskan saja begitu atau itu hanya sugesti kita saja bila sudah diolesi kapur sirih memang terasa membaik anyang-anyangannya.

Tidak hanya masih kecil, akhir-akhir ini pun kadang saya masih saja diserang anyang-anyangan. Apalagi kalau bukan karena aktifitas saya sebagai freelance grafis dan blogger yang sering duduk didepan komputer dan kurangnya aktifitas olah raga. Gejalanya sih memang remeh temeh banget, dari yang pertama pengen kencing lalu setelah ke kamar mandi dan kencing…eee..kok rasanya ini perut gak enak yaa…sepertinya ada yang belum tuntas sama kencing saya dan akhirnya balik lagi ke kamar mandi kencing lagi, keluarnya pun sedikit-dikit. Jangan ditanya rasanya, gak nyaman sekali deh. Jadi memang anyang-anyangan ini bisa menyerang siapa saja dari orang dewasa, anak-anak, dan ibu hamil dapat terkena resiko mengalami anyang-anyangan.

 

Apasih Anyang-anyangan itu?

Sebenarnya ada beberapa orang yang tidak pernah terserang yang namanya anyang-anyangan dan bersyukurlah karena itu. Tapi tidak sedikit juga yang pernah dan sering terserang anyang-anyangan ini, seperti saya contohnya. Karena menurut penelitian 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Jangan diremehkan juga lhooo…karena bila tidak segera diatasi anyang-anyangan ini bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih. Berbagai bakteri JAHAT dan kuman juga bisa menjadi penyebab utama infeksi, diantaranya bakteri Eschechia Coli atau yang lebih dikenal dengan bakteri E.Coli, juga bakteri Pseudomonas dan bakteri Klebsiella.

Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyekit infeksi saluran kemih. Disaat buang air kecil, air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang-anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul nyeri dan tidak nyaman.

Anyang-anyangan sendiri itu sebenarnya adalah dari kebiasaan kita sendiri yang kurang  sehat, seperti duduk terlalu lama, sering menahan pipis dan kurangnya minum air putih. Yang terakhir ini memang agak susah buat saya lakukan….hiii..dan biasanya suami sering sekali ngingetin untuk minum air putih yang banyak. Kalau tidak, dia sendiri langsung ambilkan satu gelas penuh air putih dan itu disuruh ngabisin…haaa.

Sering pergi ke Mall? Sering memakai toilet mall? Pasti jawabannya sering semua. Jangan lupa yaaa…kalau ke toilet umum untuk selalu membawa tisseu kering untuk mengeringkan daerah kewanitaan kita setelah buang air kecil, hal ini remeh tapi daerah kewanitaan yang lembab bisa menjadi pemicu terjadinya anyang-anyangan.

 

Apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari anyang-anyangan?

  1. Bersihkan toilet secara rutin agar tidak menjadi sumber bakteri JAHAT mengumpul disana.
  2. Saat membersihkan kewanitaan, jangan lupa siram dengan air yang bersih dari arah depan ke belakang.
  3. Jangan pernah menahan buang air kecil, karena seperti yang kita tahu air kencing adalah limbah dari tubuh dan sesegera mungkin harus dibuang.
  4. Minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Tetapi dengan mengkonsumsi air putih sesuai anjuran perhari itu kadang tidaklah cukup. Karena seperti yang saya baca disini ada banyak faktor kenapa kita terserang anyang-anyangan, maka dari itu seringlah mengkonsumsi uri-cran agar terhindar dari anyang-anyangan yang bikin tidak nyaman ini.
foto ist

Cara mengatasi anyang-anyangan

Mama saya pernah bilang ada salah satu buah yang beliau ketahui waktu kecil dulu dan katanya buah ini bisa menjadi obat mujarab saat terserang anyang-anyangan.  Buahnya berwarna merah dan rasanya agak pahit dan asam, buah Cranberry namanya. Tapi mama saya bilang, buah ini sangat sulit sekali ditemukan di Indonesia karena memang buah ini adalah sejenis tanaman semak yang tumbuh di bagian utara benua Eropa, Asia, Kanada dan Amerika.

Kok bisa ya buah cranberry mampu menyembuhkan anyang-anyangan, apa itu bukan hanya mitos saja? Ternyata buah cranberry itu sudah lama diteliti dan digunakan di Amerika lhoo…efektif sekali mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Dan cara kerja buah cranberry itu dengan membuang bakteri yang menempel tadi bersama dengan air kencing. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya mengkonsumsi 2 gelas (@150 ml) jus Cranberry per hari, selama kurang lebih 10 hari. Tapi eh tapi…ternyata mencari buah cranberry itu tidak mudah lhoo…di Indonesia sendiri sulit sekali dipasaran karena harganya yang cukup mahal.

Laahhh…truss kalau kita terserang anyang-anyangan apa ya harus jauh-jauh pergi keluar negeri buat nyari buah cranberry?.

Ya gak usah susah-susah juga, ternyata saat saya datangi apotik terdekat untuk mencari obat anyang-anyangan. Si mbaknya menunjukkan satu-satunya obat anyang-anyangan yang terbuat dari buah Cranberry. Obat itu bernama URI-CRAN. Ada dua varian Prive Uri-cran dan Prive Uri-cran plus.

 

 

Prive uri-cran sendiri komposisinya mengandung 250 mg ekstrak cranberry, berbentuk kapsul, terdiri dari 30 kapsul/box dan bisa diminum 1-2 kapsul setiap hari.

Untuk Prive uri-cran PLUS Komposisinya mengandung 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg. Berbentuk powder sachet, isi per box 15 sachet, bisa diminum 1-2 sachet setiap hari.

Jadi sudah tak perlu repot lagi harus membuat jus sendiri karena sekarang sudah ada yang praktis dan rasanya manis.

Waahhh…ternyata sekarang sudah ada teman setia yang siap siaga menjaga para wanita kalau terserang anyang-anyangan yaaa…aktifitas tak perlu kuatir lagi karena rasa tak nyaman…karena saat si anyang-anyangan tiba pasti dihempas manja sama si Prive Uri-Cran…hush…hushh..husshh pergi sannaaa anyang-anyangan.

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*