Menjadikan Surabaya Inspirasi Industri Kemasan Kreatif

Berbicara Industri Kreatif saat ini tidak bisa lepas dari peran manusia itu sendiri. Karena manusia adalah sumber daya ekonomi utama di industri kreatif. Sehingga banyak sekali sektor industri kreatif lahir dari kreatifitas dan inovasi setiap individu. Dan biasanya pelaku industri kreatif ini adalah sosok muda dan berbakat. Jiwa Muda adalah jiwa yang masih sangat semangat dan fresh dalam mencari ide-ide unik, kreatifitas mereka tanpa batas. Bakat yang mereka dapatkan dari lahir menjadi salah satu modal utama yang bisa menjadi senjata dan siap melesat menghasilkan karya yang mendunia.

Tidak pula bisa dipungkiri kemajuan media sosial saat ini menjadi salah satu ‘makanan sehari-hari’ bagi kita. Bila kita bisa memanfaatkan media sosial yang tengah gencar saat ini dengan sangat baik, maka ada banyak keuntungan yang akan diperoleh. Pun kemajuan teknologi yang begitu pesat menjadi salah satu kendaraan bagi kita dalam berkarya.

Ada banyak sekali sektor kreatif yang menjadi sasaran menarik anak muda salah satunya adalah INDUSTRI KEMASAN KREATIF. Industri kemasan kreatif ini termasuk sektor desain, dan terkait dalam membuat desain grafis, desain interior dan desain produk. Anak muda pasti ‘doyan’ sekali dengan dunia desain ini. Karena memang mereka bisa menuangkan ide-ide brilliantnya dalam suatu karya yang akan menjadi identitas mereka. Kerja yang diterapkannya pun juga menarik, mereka akan melakukan konsultasi langsung dengan perusahaan untuk membicarakan identitas perusahaan, melakukan riset pemasaran dan yang terakhir melakukan produksi kemasan dilanjutkan dengan proses paking.

Saat ini pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, sangat mendukung sekali perkembangan industri kreatif. Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden Jokowi membentuk sebuah badan yang bisa mewadahi pengembangan industri kreatif di Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif atau BEKRAF. Bahkan beliau berharap agar industri kreatif ini menjadi tumpuan harapan perekonomian Indonesia di masa mendatang.

Di industri kreatif peran anak muda tidak bisa kita anggap sebelah mata. Jiwa muda mereka yang penuh semangat dan kreatif mampu mendobrak industri kemasan yang selama ini terlihat sangat monoton. Seperti yang kita tahu sebelumnya kemasan dalam sebuah brand itu hanya sekedar tulisan biasa seperti tebal, miring, hitam putih.

Tapi dengan gebrakan anak muda yang penuh kreatifitas, desain kemasan saat ini berubah menjadi kemasan yang kreatif dan mampu menampilkan identitas baru bagi sebuah perusahaan. Bahkan tak jarang karena kemasan tersebut, sebuah perusahaan sudah melanglang buana ke berbagai negara untuk mendapat penghargaan.

 

Renata Owen (foto by Renata)

 

Di Surabaya sendiri ada Renata Owen, muda…cantik…berbakat….

Saya tahu sosok Renata saat dia masuk di media cetak Jawa Pos, menjadi berita banner di salah satu surat kabar ternama adalah kebanggan tersendiri bagi dia. Tapi kenapa dia bisa masuk surat kabar itu?

Yesss…Renata Owen adalah ilustrator muda dan saya termasuk yang mengidolakan dia, bahkan bisa dibilang iri (bercanda…heee). Saat itu dia menjadi ilustrator untuk kemasan brand air mineral yang cukup tersohor dan masih merajai industri air mineral sampai saat ini.

 

Ilustrasi Renata terdapat pada minuman mineral. (foto by Renata)

 

salah satu ilustrasi Renata juga didapat dari produk makanan ringan ini. (foto by Renata)

 

AQUA adalah brand minuman mineral yang bekerjasama dengan dia saat itu. Renata membuat ilustrasi kemasan untuk kemasan botol 500 ml milik AQUA. Dengan memberikan sentuhan ilustrasi Renata Owen,  AQUA berhasil mendobrak sebuah minuman mineral yang selama ini hanya dikemas dalam sebuah botol plastik yang biasa,  tapi berkat sentuhan tangan Renata berhasil menyulap kemasan botol minuman mineral tersebut menjadi botol plastik yang mempunyai nilai seni tinggi dan berkelas.

Selain AQUA, Renata juga membuat ilustrasi untuk kemasan makanan ringan Pocky-Pocky. Dengan ciri khas ilustrasinya yang selalu mempunyai nilai seni tinggi, produk tersebut menjadi bernilai jual tinggi, itulah menjadikan Renata salah satu icon Ilustrator muda yang disegani di Surabaya. Tentu masih banyak lagi prestasi yang dia raih sampai detik ini.

Selain Renata, ada juga Heru dia adalah teman saya semasa SMA. Heru ini memproduksi makanan ringan makaroni, siapa sih yang tidak tahu makanan ini. Semua orang pasti tahu…bahkan dari jaman dulu makaroni sudah menjadi cemilan keluarga. Trus, apa bedanya makaroni yang sudah ada dengan makaroni Heru? Jelassss bedaaa…dulu kalau beli makaroni itu kemasannya cuma plastik biasa, tidak ada yang istimewa. Tapi, makaroni milik Heru ini kemasannya sangat eye chatching sekali. Dia juga menciptakan tokoh SUPERHERU sebagai tokoh cartoon dalam kemasan produknya.

 

kemasan produk Makaroni SUPERHERU. (foto by heru)

 

Heru dengan berbagai penghargaan yang diraihnya. (foto by heru)

 

Dengan nama SUPERHERU, dan kemasan yang kreatif, Heru berhasil mendobrak sebuah makanan ringan yang sebelumnya hanya bernilai kecil sekarang mampu mempunyai nilai jual tinggi. Biasanya konsumennya hanya ibu-ibu sekarang merambah ke anak muda juga. Karena ini memang sudah perilaku umum konsumen, hal pertama yang membuat mereka tertarik membeli suatu barang adalah kemasan barang tersebut.

Dua sosok muda seperti Renata dan Heru adalah sedikit anak muda yang menggeluti industri kreatif. Dengan terus mengamati tren pasar, sembari mencari ide-ide inovatif akan mampu meningkatkan value produk. Bukan hanya value saja yang meningkat, tapi peluang untuk mendapatkan pasar akan lebih luas lagi.

 

Surabaya Inspirasi di Dunia Industri Kreatif

Beruntung sekali Surabaya mempunyai Wali Kota yang bisa menangkap potensi warganya. Bu Risma sedang gencar meningkatkan sumber daya manusia warga kota Surabaya, Industri Kreatif salah satunya. Bahkan beliau sangat peduli sekali dengan industri kemasan kreatif. Beliau sadar bahwa kemasan yang cantik akan menarik orang untuk melirik bahkan tertarik membeli suatu produk otomatis meningkatkan pula perekonomian kota Surabaya.

Beberapa langkah dilakukan Walikota Surabaya ini untuk meningkatkan lagi industri kemasan kreatif di Surabaya diantaranya, memberikan keterampilan atau kompetensi para perajin, memfasilitasi produksi dengan mengoptimalkan peralatan, menguatkan adanya standar, dan melindungi mereka dengan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah dan warga tidak menutup kemungkinan Surabaya mampu menjadi inspirasi di dunia industri kreatif bagi kota lainnya bahkan negara tetangga.

 

Dukungan Astra di Industri Kreatif Surabaya

Gencarnya kota Surabaya yang ingin menjadikan inspirasi di dunia industri kreatif ternyata mampu membuat Astra ‘melirik’ keinginan mulia ini. Astra yang sudah berpengalaman di bidang industri kreatif tahu benar, bahwa industri kreatif ini lagi-lagi tidak bisa lepas dari generasi muda.

Seperti filosofi perusahaan Astra bahwa mampu bermanfaat bagi bangsa dan negara, menghargai individu dan bekerjasama. Astra kali ini menjadi fasilitator bagi anak muda Surabaya agar lebih kreatif lagi.

Melalui berbagai dukungan dari pemerintah, sumber daya manusia yang terlatih dan Astra sebagai perusahaan besar dengan 214.835 karyawan pada 208 perusahaan inilah Surabaya bisa menjadi kota inspirasi  bagi industri kreatif. Sesuai dengan tujuan mulia Astra, bahwa Astra mencari penerang Bangsa dengan karya nyata dengan berperan aktif dan memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

 

 

Literasi :

– https://www.astra.co.id/

 

 

17 Comments

  1. Industri kreatif di Surabaya sangat pesat perkembangannya karena lingkungan sangat mendukung. Namun yang jadi kendala biasanya soal dana. Tapi mestinya kalo namanya kreatif, bisa cari dana sendiri dengan cara yang kreatif 🙂

  2. secara dirimu juga desainer grafis ya say, jadi bisa nembak sisi kemasan kreatif . tapi bener juga loh, kemarin itu di SCCF lagi diskusi menentukan Surabaya mau mengangkat segmen mana? dan sepertinya ide dari artikel ini bisa deh saya sampaikan ke komunitas ini. btw join dong ke SCCF sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*