Menjelajahi Sudut Istana Gabang

Waktu liburan hari raya kemaren… pengen banget ke rumah tinggal orangtua bung Karno, seperti apa sih… rumah orang tua Proklamator kita itu? Penasarankan? dan kami berdua (aku dan suami ) memutuskan untuk berkunjung kesana.

saat memasuki rumah ini, suasananya agak merinding juga , suasana nya tempo doeloe banget…furnitur nya masih asli, gak ada yang dipindah2 posisinya…!!
Rumah ini dinamakan Istana Gabang atau dalam bahasa Jawa disebut dengan ndalem Gebang. Rumah ini letaknya tidak jauh dari Makam Bung Karno kira-kira 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar. Rumah ini sebenarnya milik bapak Poegoeh Wardoyo suami dari Sukarmini, kakak kandung Bung Karno. Selain ditempati oleh kedua orang tua Bung Karno, ditempat ini pula Sang Proklamator pernah tinggal ketika masa-masa remajanya.

Istana Gebang berdiri di atas lahan sekitar dua hektar. Keseluruhan bagiannya terdiri dari rumah utama, bagian ini terdiri dari ruang tamu yang cukup luas dengan perabot kursi model lama. Dan beberapa meja dan lemari kecil di sisi barat.
Selain itu juga terdapat ruang keluarga yang juga cukup lapang dengan deretan kursi kayu berkombinasi anyaman rotan. Di sana juga terdapat kursi kayu santai lengkap dengan bangku kecil sebagi penopang kaki. Kursi ini biasa digunakan Soekarmini Wardojo, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Wardojo, di masa hidupnya. Soekarmini adalah kakak dari Soekarno, yang menikah dengan Wardojo sebagai suami keduanya. Karena itu pula Istana Gebang lebih akrab bagi masyarakat setempat dengan sebutan rumah Ibu Wardojo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*