Menyiapkan Generasi Maju Yang Supel, Kreatif dan Mandiri

Hai bunda…senangnya kali ini saya bisa share ilmu yang saya dapat dari seminar parenting pada hari Sabtu (30/9) kemaren di Fairfield by Marriott Surabaya.

Buaaanyakkkk sekali ilmu parenting yang sangat bermanfaat buat saya. Dan saat mendengarkan setiap penjelasan dari pakarnya…selalu saja saya ikut menelan ludah, sambil ngelus dada…kalau sudah begini, tau sendiri kan bun ada sinyal ketidak beresan hihiihi…ternyata ada banyak hal yang masih keliru pada pola asuh saya. Tapi untunglah, dengan bayak mengikuti berbagai seminar parenting seperti ini, saya jadi tahu bagimana pola asuh yang benar.

Saya sendiri sebagai orang tua berusaha dan berjuang, bagaimana sih memberikan yang terbaik untuk anak saya agar kelak dia bisa menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat di lingkungannya. Tentu setiap orang tua punya tujuan sendiri mau diarahkan kemana anak kita kelak.

SGM Eksplor ternyata sangat mengerti sekali akan perjuangan para orang tua dalam mempersiapkan si kecil untuk memiliki masa depan yang cerah atau menjadi Anak Generasi Maju.
Anak Generasi Maju? Bagaimana sih anak bisa dikategorikan sebagai Anak Generasi Maju?

Bunda…Anak Generasi Maju itu adalah yang SUPEL, KREATIF dan MANDIRI.

Olalaaaa…trus anakku, anak kita, sudah termasuk dalam 3 kategori itu gak yaaaa?????

Mari kita lihat apa pengertian dari Supel, Kreatif dan Mandiri ya bun…

SUPEL artinya si kecil mampu bersosialisasi dengan baik. Tentu tahap awal adalah kita sebagai orang tua harus memperhatikan kedekatan kita dengan si anak, anak kita ajak percaya kepada orang tua serta mandiri mampu menjaga diri sendiri, ajari si kecil berkomunikasi dengan baik dan ajari si kecil memiliki rasa empati pada sesama.

KREATIF artinya si kecil mampu fokus/konsentrasi, dengan cara mengurangi gangguan TV dan radio, menjauhkan hp serta mengurangi omelan (clegukk…hihihi), bujuk si kecil menyelesaikan kegiatan sebelum memulai yang lain dan pastikan si kecil melakukan aktivitas fisik. Yang kedua si kecil mampu berimajinasi dengan mengajak si kecil membuat cerita dari gambar atau boneka, bermain pura-pura misalnya pura-pura bertamu, ketika kita berdongeng ajak si kecil meneruskan dongeng sesuka dia.

MANDIRI artinya si kecil mampu menyelesaikan masalah yang ada didepannya serta menjaga diri sendiri saat bermain di luar rumah. Dengan memberikan kesempatan untuk mencoba, tidak memburu-buru ketika sedang mencoba dan memberikan pujian, pelukan serta ekspresi wajah yang menyenangkan ketika si kecil berhasil.

Baca juga : Indonesia Merdeka  Diare

Seperti yang disampaikan Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si., Psi., “Pada masa awal kehidupan inilah momen penting. Orang tua harus selalu mendampingi si Kecil dengan memberikan nutrisi yang tepat serta melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat. Orang tua harus ingat bahwa untuk menjadikan anak generasi maju, maka ada 3 kondisi yang harus dipenuhi yaitu: Pertama si Kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, agar tumbuh kembangnya bisa berjalan lebih optimal. Kedua, ia perlu mengembangkan ketrampilan berpikir dan kreativitasnya. Ketiga, perkembangan emosinya pun diharapkan baik, ia jadi percaya diri dan mandiri. Dengan demikian, orang tua memegang peranan vital dalam mengembangkan ketrampilan sosial si kecil sejak dini melalui ketrampilan pola asuh yang tepat agar si Kecil dapat tumbuh menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, kreatif dan mandiri serta nantinya diharapkan juga dapat memberdayakan orang di sekitarnya untuk bisa maju bersama dan menjadi generasi maju. Ingat ciri anak generasi maju adalah anak yang supel, kreatif dan mandiri”.

Bagaimana caranya ya bun mengembangkan ketrampilan sosial si kecil?…ajak si kecil melakukan beberapa hal berikut:

Trus dan jangan bosan untuk menimba pengetahuan terkait dengan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi si kecil. Karena, orang tua yang membuka diri dengan pengetahuan baru seperti mengikuti berbagai seminar parenting atau mengakses informasi digital seperti video parenting tips, maka kita sebagai orang tua bisa membantu si kecil menjadi anak generasi maju.

Suasana seminar parenting bersama SGM Eksplore

 

Seperti yang disampaikan Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo “Dukungan SGM eksplor bagi orang tua Indonesia dilakukan melalui berbagai jenis kegiatan, salah satunya melalui acara Parenting Seminar bertajuk “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju” yang dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Padang, Bandung, Jakarta dan kali ini kami hadir di Surabaya. Dalam kegiatan parenting seminar ini, orang tua bisa mendapatkan informasi terkait pola asuh yang sesuai dengan tahapan usia anak sehingga si Kecil tumbuh menjadi Anak Generasi Maju, yang supel dan mampu bersosialisasi dengan baik, kreatif dan mandiri”.

Selain itu, dukungan SGM Eksplor tidak hanya dengan mengadakan seminar parenting dan video parenting tips, tetapi saat ini sudah ada Mobi Aku Anak SGM untuk bisa bertemu dan mengedukasi para orang tua Indonesia mengenai nutrisi anak dan memberikan stimulan motorik maupun kognitif bagi si kecil.

Bagaimana bunda…sudah siapkan sekarang mencetak Anak Generasi Maju…Semangat yaaa bundaaaa…!!!!!

16 Comments

  1. SGM ekaplor memang okey punya program parenting..gmn kalo program ini bisa dilaksanakan bersama pendidik TK bekerja sama dg IGTKI KAB… Seruu kali yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*