Nutricia Sarihusada Ajak Bunda Tanggap Alergi Agar Si Kecil Ceria

Masih ingat banget waktu liburan kemaren si ponakan yang ganteng lagi liburan dirumah dan bundanya gak ikut karena harus kerja. Ceritanya si ponakan ganteng lagi bebas lepas makan apapun karena waktu itu memang liburannya pas sama hari raya idul fitri, tau sendiri kan kalau waktunya hari raya berbagai makanan kayaknya berlimpah. Ponakan ganteng ini memang ada alergi, tapi biasanya kalau badannya lagi oke sih tubuhnya bisa kompromi dengan beberapa makanan yang biasanya menjadi pantangannya. Dan itu terlihat dari aktifitas dia yang jempalikan sana sini, lari sana sini, teriak kenceeeengggg banget sampek telinga mau pecah kalo pas deket dia….hiihiih.

Dengan melihat aktifitasnya yang aktif seperti itu kita memberikan toleransi pada si ponakan ganteng untuk mengkonsumsi beberapa cemilan dan minuman, apalagi kalau disampingnya ada si kakak Refa yang juga lagi ngemil. Seperti saat kakak Refa lagi makan coklat dia pengen, jadi ikut deh makan, kakak Refa lagi minum susu UHT ehh..si ponakan ganteng jadi pengen juga, minumlah susu UHT. Maklum aja ini yang tua-tua kadang suka gak tegaan kalau ada anak kecil pengen…hiii.

Alhasil…tarraaa…besoknya si ponakan ganteng bilang…”nek…pusing…”.

Duuhhh…gimana rasanya yaaa kalau ada anak kecil ngeluh sakit. Dikasih sanmol dingin dikit, lari-lari lagi, teriak-teriak lagi…ehhh panas lagi suhu badannya.  Dan akhirnya kita memutuskan membawa si ponakan ke Dr. Burhan di Jemursari. Benar saja, begitu Dr. Burhan bilang “anak ini ada alergi ya bu..jadi dia gak boleh makan coklat, gak boleh makan telur, gak boleh makan ayam, bebek, susu sapi juga dihindari. Buahnya cuma alpukat, apel, pir, pepaya” Dr. Burhan menjelaskan pada kami.

“Kalau margarin boleh gak dok?” tanyaku.

“Tinggal diolahnya gimana? Kalau buat tumis sama sayur gak papa asal jangan dibuat roti, karena pasti ada telurnya”. Terang Dr. Burhan.

Dalam hati cuma bisa bilang “yoalah nakk…makan opo trus kamu, kok dibatasi gitu”.

 

Bunda Amma sedang konsultasi dengan Dokter.

 

Keadaan seperti ini akhirnya menjadi perhatian bagi kami sekeluarga apa yang harus kami lakukan dan tidak boleh menganggap remeh lagi, walaupun badannya lagi fit. Bahkan menurut World Allergy Organization mengungkapkan bahwa angka prevalensi alergi terutama pada anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia cenderung meningkat di tahun-tahun terakhir ini, terutama di negara-negara berpendapatan rendah hingga menengah.  Prevalensi alergi protein susu sapi pada anak-anak di tahun pertama kehidupan sekitar 2% sampai 7,5%.  Angka ini tentunya diikuti risiko yang mungkin mengancam si kecil. Namun, dengan penanganan yang tepat anak dengan alergi dapat tetap ceria dalam kehidupan sosialnya sehingga bisa tumbuh secara optimal.

Karena hal inilah pada hari minggu (23/7) bertempat di Car Free Day Jl. Darmo, Surabaya. Nutricia Sarihusada mengajak para bunda untuk bergabung dalam kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K (Kenali, Konsultasikan, Kendalikan) melalui kegiatan fun Walk Si Kecil Tetap Ceria karena Bunda Tanggap Alergi bersama www.alergianak.com. Kegiatan ini bertepatan juga dengan Hari Anak Nasional, kegiatan ini dilakukan Nutricia Sarihusada dalam mengedukasi para orangtua khususnya Bunda bagaimana cara menanggulangi alergi pada si kecil termasuk alergi protein susu sapi.

 

Si kecil bersiap melakukan senam bersama.

Acara dimulai dengan mengajak sikecil senam bersama, dengan kakak-kakak instruktur yang cantik dan cakep-cakep.  Duhhh..sikecil semangat sekali mengikuti senam ini, dan tentu saja gerakannya jadi lucu kalau sikecil yang senam…hihihi. Si bunda dari belakang tetap mengawasi dan memberi semangat kepada si kecil untuk mengikuti senam bersama, agar tubuh si kecil selalu sehat dan tetap ceria.

Selain senam bersama dari kakak-kakak instruktur, ada senam lagi dari Bapak Polisi yang gak galak sama sekali bahkan Bapak Polisinya lucu banget…hiihih. Pak Polisi ini suaranya persissss banget sama tokoh kartun Jarwo, lucu abiss deh pokoknya dan anak-anak sangat terhibur sekali.

 

Bersama Bapak Arif Mujahidin, Communication Director Danone

 

Setelah itu ada sambutan dari Bapak Arief Mujahidin perwakilan Sarihusada ”Melalui acara ini kami ingin mengajak para orangtua khususnya Bunda untuk lebih tanggap terhadap alergi dengan cara 3K yaitu Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan. Ketanggapan orangtua sangatlah penting untuk menanggulangi alergi anak dengan cara mengontrol dan mencegah reaksi alergi, termasuk alergi protein susu sapi”. Jelas Bapak Arif Mujahidin, Communication Director Danone Indonesia. Selain itu Nutricia Sarihusada juga mengajak ibu dan sikecil jalan sehat bersama sambil menikmati keceriaan dihari minggu itu.

 

 

Di Acara Fun Walk ini, para orangtua juga mendapat kesempatan berkonsultasi gratis dengan para dokter tentang alergi pada anak, serta mendapatkan informasi yang lengkap dan menyeluruh terkait gejala dan dampak alergi yang spesifik dialami oleh sikecil.

Melalui konsultasi gratis pada acara funwalk ini, diharapkan para orangtua akan lebih paham cara bukan saja mengenali, namun sekaligus menanggulangi alergi pada anak. Dengan ketanggapan yang tepat, anak tetap dapat tumbuh ceria dan optimal seperti anak lain seusianya.

 

Bunda-bunda sedang senam zumba bersama.

 

Lalu kenapa sih, kok penting sekali buat bunda-bunda agar tahu dan tanggap pada alergi anak ini, karena dampak dari alergi itu adalah :

  • Dampak fisik : anak tumbuh menjadi picky eaters sehingga mempengaruhi berat badan idealnya dan pertumbuhan fisik (stunting, wasting & malnutrition)
  • Gangguan hormon akibat alergi berisiko mengakibatkan obesitas atau kegemukan yang jika tidak dikendalikan akan meningkatkan risiko penyakit jantung coroner dan diabetes.
  • Alergi protein susu sapi juga dapat mempengaruhi keceriaan si anak, karena mereka merasa dibatasi dalam memilih makanan dan merasa tidak sama dengan teman sesusianya. Dampak Psikologi ini tak hanya dirasakan sikecil, tetapi juga orangtua.

Dalam kesempatan ini Nutricia juga meluncurkan kembali website www.alergianak.com dengan penyempurnaan bukan hanya dari segi tampilan saja tapi juga fitur maupun konten yang memberi nilai tambah lebih. Di website ini bunda bisa mengecek gejala alergi atau resiko alergi pada anak, dan menariknya bunda juga bisa live chat rutin dengan para ahli terpercaya dari UKK Aleri Imunologi ikatan Dokter anak Indonesia (IDAI). Keren yaaaa… Nutricia Sarihusada ini, jadi memudahkan bunda-bunda di Indonesia untuk lebih tanggap alergi lagi. Semoga dengan edukasi yang menghibur ini para bunda semakin tanggap, apa yang harus dilakukan bila sekecil termasuk anak alergi sehingga sikecil tetap ceria dalam aktifitasnya sehari-hari.

VID-20170723-WA0016

Diakhir acara seluruh Blogger dan crew Nutricia Sarihusada seru-seruan ngeboomerang...:)

25 Comments

  1. waaainiiii …nggak cuma bisa konsultasi masalah alergi tapi bunda-bunda juga sehat karena zumba di pagi hari. seringnya yang alergi susu formula itu bapaknya..alergi pas beli susu anak tiap bulan, tandanya dada sesak, tekanan darah agak tinggi kalau lihat struk belanjanya hihihi

  2. Seru banget ya. Bocah-bocah keliatan hepi diajak senam.
    Ribet ya kalo anak punya alergi huhu. Sebagai orang tua moga kita kuat mengatasinya *ngomong ke diri sendiri juga

  3. Yg senam bukan cuman si kecil ya, orang tuanya juga hehe seru pasti.
    Btw dampak psikologis krn alergi ini yg bikin degdegserrr ya mbak, semoga sehat selalu yaaa ponakannya…aamii’

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*