Persembahan Terbaik Untuk Yang Teristimewa

Pertama memasuki ruangan Dyandra Convention Centre yang sudah penuh dengan ibu-ibu hamil. Hati saya langsung mak dekkkkk…rasanya jadi bappeeerr aja gitu…jadi sentimentil bangettt… Liat wajah ibu-ibu hamil itu bawaanya gimanaaa gitu..duhh maklum ya karena memang ada story kehamilan yang bikin jantungan pas adiknya kakak Refa….bentar yaaa saya ambil tissue dulu…lap-lap air mata..hikk.
Prenagen ini satu-satunya susu yang bisa bikin hati saya sensi setiap kali liat iklannya. Kalau diingat di dua kehamilan saya, susu prenagenlah yang selalu menemani hari-hari saya bersama sang calon jabang baby. Kemanapun saya pergi susu ini gak pernah ketinggalan dibawa. Kalau saya lagi males minum, pak suami selalu mengingatkan untuk minum susu prenagen ini.

Chef Eddrian Tjhia, membuat smoothies.

Minggu (30/7), warna ungu mendominasi setiap sudut ruang Dyandara Convention Centre. Ada banyak booth menariik disini sepeeti booth konsultasi, disini ibu hamil bisa langsung konsultasi gratis tentang kehamilannya, booth interaktif, dan yang menarik adalah boothnya yang dipandu oleh chef Eddrian Tjhia disini chef Eddrian memberikan resep bagaimana membuat smoothies yang sehat dan enak tentu saja bahan dasarnya adalah berbagai macam buah dan pruduk dari Prenagen yang melengkapi kandungan gizi pada smoothiesnya. Dan saya juga sempat mencoba, rasanya memang enak sekali. Disini juga ada photobooth bagi semua pengujung acara.


Ternyata pada kesempatan ini Prenagen juga memperkenalkan aplikasi untuk calon ibu. Aplikasi HALLO BUMIL merupakan aplikasi kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil tepat pada waktunya. Aplikasi HALLO BUMIL ini dikembangkan oleh PT.Cakra Radha Mustika, bekerjasama dengan tim medis berpengalaman, yang memahami perjalanan masa kehamilan.

Adapun fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini adalah fitur Timeline Kehamilan dimana para calon ibubisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu serta Fitur Artikel untuk membaca informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan. Artikel yang tersedia, sesuai masa kehamilan. Salah satu yang menjadi kelebihan aplikasi ini adalah tampilannya yang unik, dimana si kecil seakan-akan bercerita kepada anda, mengenai pertumbuhahan dan perkembangan dirinya dari hari ke hari. Ada juga Fitur Kontrol Kehamilan juga menjadi salah satu fitur penting yang membantu bunda dalam memonitor kehamilannya lewat berat badan mingguan. Menarik sekali fitur-fitur yang ada di HALLO BUMIL ini yaaa…

 

Placenta yang sehat diperlukan bagi ibu hamil

Pentingnya Kesehatan Plasenta

Diacara Prenagen Prenancy Education Journey ini menghadirkan dr. Boy Abidin, SpOG (K) Ahli kebidanan dan Ginekologi. Beliau memaparkan bagaimana pentingnya kesehatan plasenta untuk perjalanan kehidupan si Kecil.
Seperti yang kita semua tahu plasenta adalah suatu organ dalam kandungan pada masa kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan plasenta penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Fungsi plasenta sendiri adalah :

  • Mengirimkan gizi dan oksigen dari darah ibu pada janin.
  • Membawa karbondioksida dan sisa-sisa pembuangan janin kembali ke darah ibu.
    Membentuk penahamam untuk infeksi dan obat-obatan tertentu.
  • Mengeluarkan hormon. Dan semuanya itu penting untuk kelangsungan hidup dinding rahim, pertumbuhan rahim dan payudara.
Saya sendiri pernah mengalami hamil dengan placenta previa.

 

Saya sendiri juga merasakan tidak enaknya mengalami placenta previa. Dan saat kehamilan kakak Refa placenta previa terjadi saat memasuki usia kehamilan 6 bulan. Dan itu terjadi sesaat sholat subuh. Ada bercak darah yang lumayan banyak pada celana dalam saya, dan waktu itu hanya takut yang saya rasakan. Saat itu juga saya langsung dibawa ke Rumah Sakit Islam oleh suami. Jika sudah mengalami plasenta previa seperti ini kita harus benar-benar bedrest, tidak boleh terlalu banyak bergerak palagi melakukan aktifitas yang berlebihan. Pada saat mendengarkan penjelasan dr. Boy, saya merasa seperti flashback dan teringat semua kejadian itu.

Apa yang dr. Boy paparkan itu memang sangat benar sekali. Bahwasanya menjaga kesehtaan plasenta adalah suatu keharusan bagi ibu hamil. Karena melalui plasenta yang sehat, segala nutrisi dari ibu ke janin akan benar tersalurkan dengan baik nantinya.

Pada kesempatan ini pula penyanyi jazz Andien juga mengingatkan pada ibu-ibu agar mewaspadai bila terjadi red flag. Tentu saja tak banyak yang tahu apa sebenarnya red flag itu. Maka dr. Boy menjelaskan dengan sangat gamblang kepada ibu dan ayah yang hadir, bahwa red flag adalah batasan perkembangan yang harus sudah dilewati pada usia tertentu.

Berikut batasan perkembangan yang harus sudah dilewati pada usia tertentu :

Pada usia 6 bulan:

  • Tidak ada senyum sosial
  • Tidak mampu membentuk suara seperti dooo…aga.
  • Tidak menggapai atau menggenggam benda
  • Tidak berguling
  • Tidak mampu mengangkat pundak dan kepala saat tengkurap.

Pada usia 9 bulan:

  • Tidak berbagi kebahagiaan dengan orang laindalam bentuk ekspresi wajah atau kontak mata
  • Tidak ada gestur (melambai, menunjuk)
  • Tidak mampu menggenggam atau melepas benda
  • Tidak mampu memindahkan benda dari tangan satu ketangan yang lainya

Pada usia 12 bulan:

  • Tidak mampu mengenal orang baru
  • Tidak mengenal permainan cilukba
  • Tidak bisa meniru suara
  • Tidak merespon suara familiar
  • Makan masih dalam bentuk cair
  • Tidak dapat menjumput mainan
  • Tidak merangkak
  • Tidak mengangkat badan
  • Tidak berdiri berpegangan
    Itulah beberapa hal tentang red flag yang harus ibu waspadai terhadap sikecil.

 

Saraf

Menghadiri acara ini benar-benar membawa saya kembali ke 9 tahun yang lalu saat saya melahirkan kakak Refa, dengan segala kasus kesehatan spina bifida yang putri saya alami. Seperti yang dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K) spesialis saraf anak RS. Hermina Jatinegara sampaikan bahwa 1000 hari pertama kehidupan adalah periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Terutama di trimester pertama kehamilan merupakan pembentukan sistem saraf yang sangat berpengaruh sekali terhadap tumbuh kembang janin. Karena apa yang kita alami, lakukan ataupun makan selama 1000 hari pertama kehidupan akan memberikan konsekuensi yang panjang terhadap kesehatan bayi kelak. Sedangkan tumbuh kembang si kecil bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, ras usia dan jenis kelamin. Tapi selain faktor tadi tumbuh kembang si kecil juga dipengaruhi oleh nutrisi yang diberikan, lingkungan yang selalu mendukung, penyakit yang kadang diluar sana kita tidak bisa menghindarinya, seperti virus maupun kuman dan tentu saja stimulasi yang diberikan kepada si kecil.

Di 1000 hari pertama ini kondisi psikologis sang ibu juga harus dijaga dengan baik. Disini peran ayah sangat besar sekali, dukungan dari ayah memberikaan rasa aman, nyaman dan bahagia pada ibu. Dengan begitu produksi ASI si ibu bisa sangat mencukupi bagi sang buah hati.

 

Berbagai produk Prenagen.

 

Pentingnya susu bagi ibu hamil

Ibu sianne dari Prenagen menjelaskan tentang betapa pentingnya susu bagi ibu hamil. Karena dengan minum susu, kebutuhan kalsium akan tercukupi, dengan minum susu kebutuhan 4 sehat 5 sempurna semakin terlengkapi, susu sebagai assurance bila terjadi kondisi seperti nafsu makan rendah, ibu yang minum susu lebih dari 150 ml per hari selama masa kehamilan mempunyai snak yang lebih tinggi saat remaja dibandingkan dengan anak yang lahir dari ibu yang konsumsi susunya kurang dari 150 ml selama masa kehamilan, dan mereka yang lahir dari ibu yang konsumsi susunya lebih dari 150 ml per hari selama masa kehamilan juga mempunyai kadar gula darah lebih rendah.

Tapi jangan sampai salah susu ya ibuuu…ibu hamil tetap harus mengkonsumsi susu khusus ibu hamil, karena susu ibu hamil itu mengandung mikronutrisi (karbohidrat, rendah lemak, protein). Dan susu ibu hamil ini lebih mudah diminum, lebih comply dibandingkan pil atau tablet. Dan tentu saja kandungan nutrisi sudah disesuaaikan khusus buat ibu hamil dan janin.

Dan Prenagen memiliki semua yang dibutuhkan untuk ibu dari saat merencanakan kehamilan, saat kehamilan sampai masa menyusui. Diantaranya adalah :

PRENAGEN esensis
Nutrisi Persiapan Kehamilan . Susu rendah lemak, mengandung  Zat Besi, tinggi Asam Folat, tinggi Kalsium , Serat Pangan (Inulin) , Vtamin  E. “Ingat ! Agar siap hamil , begitu menikah minum PRENAGEN esensis 2x sehari” Rasa: Coklat, Vanilla, Moka Ukuran:180 gram dan 360 gram.
PRENAGEN mommy emesis
PRENAGEN mommy emesis Nutrisi Kehamilan Mengurangi Mual Muntah. Mengandung Vitamin B 6 & Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi  mual muntah diawal kehamilan. Dilengkapi dengan Zat Besi, Asam Folat, Tinggi Kalsium. Rasa : Coklat, Plain Ukuran : 200 gram & 400 gram

PRENAGEN mommy
Nutrisi Masa Kehamilan. Mengandung Zat Besi, Asam Folat, Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, Inulin untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, Kalsium, Asam Follat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak. Tersedia kemasan praktis siap minum (UHT) dan Stick Pack untuk memenuhi nutrisi Ibu dimana saja, kapan saja. Rasa : Coklat, Vanilla, Strawberry, Moka, Kacang hijau. Ukuran : 200 gram, 400 gram, 600 gram, 900 gram (dus), 45 gram (Stick Pack), 200 ml (UHT)

PRENAGEN lactamom
Nutrisi Masa Menyusui. Nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI dengan Zat Besi, Asam Folat, Inulin, Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si kecil. Rasa : Coklat, Vanilla, Moka Ukuran : 200gram dan 400 gram

PRENAGEN Juice
Sari Buah Asli Pomegranate & Anggur. Sumber Asam Folat  dan  Tinggi Vitamin C Minum PRENAGEN Juice dimana saja, kapan saja, selama masa persiapan kehamilan, hamil dan menyusui. Disajikan dingin lebih nikmat ! Ukuran : 300 ml. Dan semua sudah saya coba semuaaa…rasanya? Enakkkk sekaleee…pas untuk ibu hamil.

 

Instrukstur mengajarkan senam prenafit.

Senam Prenafit

Disesi ini sangat serruuu sekali, ibu hamil diajak melakukan senam prenafit bersama. Senam prenafit? Senam apaan tuuu?? Jadii…senam prenafit adalah senam untuk ibu hamil dan pasca melahirkan, senam ini sangat baik sekali untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot paha dan otot perut.

Tapi ingat ya ibu-ibu…sebelum melakukan aktiftas senam, harus mendapat lampu hijau dulu dari dokter apakah kita termasuk ibu hamil yang diperbolehkan melakukan senam. Tentu bisa dilihat dari pengecekan tekanan darah dan tes kesehatan lainnya. Dan pada saat melakukan senam, atur pernafasan dan ketahui kondisi kesehatan kita sendiri bila terasa capek, istirahatlah dan aturlah pernafasan kita.

Diakhir acara peserta diajak seru-seruan dengan melakukan mannequin challenge. Ah…Prenagen, lagi-lagi kami para ibu di Indonesia harus mengucapkan banyak terima kasih kepadamu. Prenagenlah yang paling mengerti kebutuhan para calon ibu sampai ibu menyusui…masa-masa ini merupakan masa paling indah sekaligus sentimentil yang setiap ibu rasakan.

Teruslah mengerti kami Prenagen…teruslah berinovasi demi para ibu yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi si buah hati. Seperti Prenagen selama ini, yang memberikan yang terbaik untuk yang teristimewa. Thank You Prenagen…peluk hangat dari kami para bunda untuk Prenagen.

9 Comments

  1. Wah senasib kita mbak
    Saya juga pas hamil dulu ngalamin placenta previa. Dikit-dikit flek

    Selalu suka sama acaranya prenagen ini, sarat ilmu dan informasi untuk para ibu dan calon ibu

  2. Aku juga ikutan PPEJ ini mb saat di Jakarta. Lengkap banget dapet ilmu juga. Sbg ibu aku jg harus belajar untuk mempersembahkan yg terbaik utk buah hati. Alhamdulillah bagus ini kegiatannya

  3. Saya masih minum prenagen yang esensis dan prenagen juice nya..semoga bisa segera ganti ke susu prenagen mommy nya..hehe..
    Terima kasih sharing infonya ya mbak..meskipun gak ikut acaranya tetep bisa dapat ilmu baru dari sini

  4. Pernah plasenta previa ya mbak? Kmrn di PPEJ2017SBY, katanya ibu hamil dg diagnosa ini gak boleh olahraga. Iyah yah…gak banyak gerak ajah sering ngeflek… Harus banyak2 istirahat ya mbak?
    Untung juga Prenagen selalu temani hari2, mbak..gak kuatir lg ttg nutrisi janin kala itu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*