PRUprime Healthcare Syariah Dari Prudential Untuk Semua

Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Tentu saja Al-Quran dan Hadist adalah pedoman hidup bagi umat Islam, dan sebagai bentuk rasa syukur kita karena telah diberi kesempatan menjalani kehidupan, sudah sepantasnyalah kita benar-benar menunjukkan dengan mendasarkan kehidupan kita sebagai niat untuk beribadah kepada Allah, agar kelak kehidupan kita di akhiratpun lebih baik dari kehidupan kita di dunia.

Menjalani gaya hidup sesuai dengan syariat Islam pun semakin meningkat saat ini dikalangan umat muslim di Indonesia. Seperti makanan, minuman, cara berpakaian bahkan sampai perbankan mereka memilih yang berbau syariah. Semakin banyak masyarakat muslim yang ingin selalu memperbaiki diri dengan menjalani gaya hidup sesuai syariat Islam inilah yang menjadi pertimbangan Prudential Indonesia meluncurkan asuransi syariah. 

Bertempat di Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Selasa (16/5/2017) PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperingati 10 tahun beroperasi di industri asuransi jiwa syariah di Indonesia. Sejalan dengan ini, perusahaan meluncurkan PRUprime healthcare syariah, yang merupakan produk asuransi jiwa rawat inap komprehensif yang berbasis syariah. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya  Rinaldi Muhadar, Country CEO, Prudential Indonesia.  Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia. Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications and Sharia Director, Prudential Indonesia. Paradikma Subawa, Product Planning and Development, Prudential Indonesia.

Sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah, Prudential Indonesia selalu berusaha untuk mendengarkan dan memahami para nasabahnya dengan menawarkan produk dan layanan inovatif sesuai dengan kebutuhan mereka. Sejak masuk di segmen asuransi jiwa syariah pada tahun 2007, Prudential Indonesia bersyukur bisa menempati posisi pemimpin pasar, dengan kontribusi bruto dana tabarru’ per akhir tahun 2016 sebesar Rp 2,2 triliun.
Prudential Indonesia juga mencatat lebih dari 510,000 polis syariah yang aktif, serta aset sebesar Rp 3,4 triliun.

Selain itu dalam kesempatan 10 tahun anniversary nya ini, Prudential juga mengedukasi masyarakat bahwa prinsip-prinsip syariah ini berlaku universal artinya bukan hanya umat muslimsaja yang bisa menikmati manfaatnya tapi juga nonmuslim, untuk itu prudential mengeluarkan tagline ‘Syariah untuk semua’, #PRUsyariahUntukSemua.

 

Suasana pers conference PRUprime healthcare syariah.

Akad, tabarru’ dan surplus dalam asuransi syariah

Sebelum memutuskan ingin menjadi pemegang polis asuransi syariah, akan lebih baik jika kita tahu dulu apa sebenrnya asuransi syariah itu sendiri. Asuransi syariah adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara pemegang polis melalui investasi dalam bentuk tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui Akad sesuai dengan syariah.

Dalam hal ini perusahaan asuransi hanya bertindak sebagai pengelola dana hibah, atas dasar akad wakalah dari peserta selain pengelolaan investasi. Dimana peserta memberikan kuasa kepada perusahaan asuransi dengan imbalan pemberian fee. Dalam akad ini, perusahaan bertindak sebagai wakil untuk mengelola dana, sedangkan peserta bertindak sebagai pemberi kuasa untuk mengelola dana. Asuransi syariah sendiri menghindarkan dari hal-hal yang berbau riba (bunga), Maisir (judi) dan Gharar (ketidakjelasan). Disini dana tabarru’ akan dipergunakan untuk mengantisipasi terjadinya musibah atau klaim yang terjadi diantara peserta asuransi.

Yang menarik pada asuransi syariah ini adalah tentang pembagian keuntungan antara pemegang polis dan perusahaan yang disebut dengan surplus sharing. Dana yang akan diberikan kepada pemilik polis apabila tedapat kelebihan dari rekening tabarru’ termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan, jika ada.

Sedangkan perhitungan surplus sharing adalah 30% dari surplus sharing akan ditahan dalam dana tabbaru’ 70% dari surplus sharing akan dibagikan kepada peserta dan perusahaan. Besarnya pebagian surplus sharing adalah 80% dibagikan kepada pemegang polis dan 20% merupakan hak perusahaan sebagai bagian keuntungan.

PRUprime healthcare syariah

PRUprime healthcare syariah adalah produk asuransi jiwa rawat inap di mana Prudential Indonesia akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, sehingga nasabah bisa lebih fokus terhadap pemulihannya. Sangat memudahkan dan menjadi salah satu alternatif terbaik produk asuransi kesehatan.

Produk PRUprime healthcare syariah yang diluncurkan hari ini menawarkan beragam keunggulan inovatif. Salah satu keunggulan dari PRUprime healthcare syariah adalah fitur di mana Prudential Indonesia akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, sehingga nasabah bisa lebih fokus terhadap pemulihannya.

Selain itu, PRUprime healthcare syariah juga menawarkan manfaat yang terus berkembang, dimana Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah.

Keunggulan unik lainnya yang ditawarkan oleh PRUprime healthcare syariah adalah PRUprime limit booster yaitu sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia.

PRUprime healthcare syariah juga menawarkan perlindungan global, termasuk nasabah bisa melakukan perawatan inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat. Produk ini pun memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri. Terdapat juga manfaat Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang, yang diberikan jika peserta yang diasuransikan meninggal.

Nini Sumohandoyo sedang memaparkan secara gamblang PRUprime healthcare syariah.

 

“Setelah satu dekade beroperasi di industri asuransi jiwa Syariah, Prudential akan terus memegang teguh komitmennya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan keuangan, dalam hal ini yang berbasis syariah, dan juga komitmen kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah negara serta memberi kembali kepada masyarakat,” jelas Nini.

“Prudential Indonesia percaya bahwa prinsip-prinsip syariah berlaku universal sehingga kami menggunakan tema ‘Syariah untuk semua’ dalam mengedukasi masyarakat,” demikian Nini.

PRUprime healthcare syariah tersedia sebagai manfaat tambahan (rider) untuk produk PRUlink syariah assurance account, dan disediakan oleh jaringan luas lebih dari 98.000 tenaga pemasar berlisensi syariah Prudential Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Setelah tahu banyak tentang PRUprime healthcare syariah ini tak perlu diragukan lagi keunggulannya. Sebagai asuransi berbasis syariah seperti PRUprime healthcare syariah ini kita telah menanamkan nilai saling tolong menolong antar sesama. Tapi tetap ya, jaga kesehatan nomer satu karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

19 Comments

  1. Memang sadar asuransi sudah harus dipelajari sejak dini. Harus jeli membaca dan memilih juga utk membeli asuransi.

  2. Kayaknya sosialisasi dan edukasi tentang asuransi syariah masih kurang za kak… Buktinya banyak yg belum tahu tentang adanya asuransi syariah. Saya sendiri juga baru kalau di asuransi ada yang syariah juga

  3. Semakin banyak produk asuransi syariah, benar-benar membuktikan kalau sistem syariah itu memang bersiat universal. Terlebih lagi Indonesia salah berpenduduk muslim terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*