Self Healing With Yoga Untuk Pencegahan dan Penyembuhan Kanker

Self Healing With Yoga menjadi tema peringatan World Cancer Day 2019 di Surabaya. Seperti yang kita tahu, “World Summit Against Cancer for the New Millenium” di Paris menetapkan tanggal 4 Februari sebagai hari kanker sedunia atau World Cancer Day. Pada pertemuan tersebut, organisasi kesehatan (WHO) dan badan penelitian kanker international (International Agency for Reserach on Cancer) bekerjasama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap bahaya dari penyakit kanker dan men-support para survivor kanker.

Sebagai pusat layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur yang berkomitmen untuk terus mendukung dalam upaya meningkatkan kesadaran, serta mendorong pencegahan kanker, Adi Husada Cancer Center (AHCC) turut serta menyemarakkan peringatan hari kanker sedunia tahun 2019 ini dengan menyelenggarakan kegiatan yoga bersama dan Health talk dengan tema “Self Helaing With YOGA” dengan narasumber dr.Astie Young, dipl.Cidesco, CHt, MNLP, pakar dan instruktur yoga serta founder of METAMORPHOSIS (Clinic, Institute, Hypnobirthing Surabaya) yang diselenggraakan pada tanggal 4 Februari 2019 dan bertempat di Pool Side Wyndham Hotel, Surabaya.

Sebagian besar penyakit yang ada di dalam tubuh kita disebabkan karena apa yang kita pikirkan, disini termasuk penyakit kanker. Perlu adanya tindakan agar masyarakat lebih sadar dalam pencegahan kanker ini. Kita sebagai manusia juga mempunyai kekuatan untuk mengurangi dampak kanker bagi diri sendiri. Salah satunya dengan mengikuti yoga kita bisa melakukan terapi penyembuhan pada diri kita sendiri.

“Dalam yoga ada Sequencing yang disebut sebagai centering. Tujuannya membuat batin dan raga tenang, selaras dan harmonis. Selain itu ada olah nafas yang membuat oksigen dan nutrisi mengalir deras ke seluruh bagian tubuh” terang dr. Astie.

Dr. Astie juga menjelaskan “melalui Self Healing with Yoga ini bisa menjadi penyembuh terbaik bagi diri sendiri. Sebenarnya self healing ini ditujukan sebagai tindakan preventif atau pencegahan sebelum datangnya suatu penyakit. Namun demikian, saat seseorang sakit, teknik self healing tetap bisa dilakukan sembari melakukan pengobatan medis”.

Seseorang akan sehat secara holistik jika ada keselarasan dan keseimbangan antara badan, pikiran dan batin. Melalui self healing ini pula, seseorang dilatih untuk dapat memelihara ketentraman dan kesehatan seutuhnya, dengan melatih kesadaran diri, agar hidup semakin ringan, ikhlas dan selaras.

Ada empat aspek untuk self helaing yaitu :

  1. Nafas
  2. Gerak
  3. Sentuhan/pijatan
  4. Keheningan

Selain keempat aspek diatas kita harus menjaga konsumsi air dengan cukup minum, karena air bisa menjadi elemen penting dalam self healing.

dr.Astie Young

 

Terkait dengan kanker dr. Astie menjelaskan ada gerakan yoga yang mampu membantu mengurangi rasa sakit yang dialami penyintas kanker yakni Yin Yoga.

“Yin yoga merupakan bagian dari Hatha yoga. Namun, perbedaannya terletak pada pose-pose yang dilakukan. Gerakan Yin Yoga cenderung lebih santai dan pasif ketimbang jenis yoga lainya. Yin yoga sangat baik untuk mengaktifkan sistem saraf meredakan rasa sakit serta stres. Pasalnya, Yin yoga dapat membantu mengurangi ketegangan pada jaringan-jaringan ikat dan persendian, seperti pada lutut, pergelangan kaki, panggul, pinggul, dan tulang punggung bagian bawah” jelas dr. Astie.

Dalam yoga ini juga ada gerakan pernafasan viloma anoloma yaitu mengambil nafas dengan satu lubang hidung dengan menutup lubang hidung satunya. Kemudian, menghembuskan nafas melalui lubang hidung yang berbeda dengan menutup lubang hidung satunya. Menutup hidung menggunakan jari tangan. Dan nafas yang digunakan adalah nafas perut.

Seperti tema kampanye yang diusung hari kanker sedunia ‘I AM I WILL’, mari kita lakukan dari diri kita sendiri untuk selalu berfikir positif agar terhindar dari segala penyakit. Jangan merasa sendiri…Jangan merasa sedih…datangi tim medis agar dilakukan pengobatan yang terbaik untuk Anda dan yang terakhir jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan atau kesembuhan bagi penyintas kanker.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*