Ternyata.. SGM Yang Membawaku Ke Jogja (Part 1)

Pulang ke kotamu

Ada setangkup haru dalam rindu

Masih seperti dulu

Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna

Terhanyut aku akan nostalgi

Saat kita sering luangkan waktu

Nikmati bersama

Suasana Jogja…

Sepenggal lagu dari Kla Project ini memang menjadi salah satu favorit lagu saya (ketahuan yaa angkatan tahun berapa saya…hihihi). Terakhir saya menginjakkan kaki ke Kota Gudeg ini saat rekreasi SMP….wuuuaaahhh…tahun berapa yaachh itu…tahun lawas deh pokoknya.

Sejak bekerja, menikah dan punya anak, saya sama sekali belum pernah menginjakkan kaki lagi di kota seniman ini. Padahal ini adalah kota, dimana lahirnya para seniman seperti Didi nini towok,  Bagong Kussudiardjo, Butet Kertadjasa, Gjaduk Ferianto, Sineas Garin Nugroho, Musikus Eross candra, Pongky Barata dan tentu saja si kocak penuh talenta Soimah.

Tak hanya itu, kenapa Jogja ini masuk dalam daftar list pertama kota yang ingin saya kunjungi, saya ingin mencicipi minuman khas Jogja yaitu Wedang uwu, wedang kunir asem gula aren dan tentu saja menikmatinya sambil mendengarkan musik jalanan di tengah ramianya alun-alun Malioboro, yaa…keinginan saya hanya ingin itu saja. Saya ingin menikmati suasana malam kota seniman itu dengan ‘Nyeni’, tanpa ada embel-embel kemewahan apa-apa.

Tapi sayang saya memang belum bisa datang ke kota Sultan, dan harus menyimpan rapat-rapat keinginan saya. Cukup bercita-cita saja…siapa tau suatu saat saya ada waktu dan sedikit uang untuk pergi ke kota Sultan.

Suatu saat saat saya buka email dari Blogger Perempuan, bahwa pendaftaran Mombassador SGM telah dibuka kembali. Sempat daftar di tahun sebelumnya dan tidak lolos, kali ini saya memberanikan untuk mencoba keberuntungan dengan mendaftar lagi. Semua formulir sudah saya isi dan SEND, email pendaftaran mombassador telah terikirim.

Beberapa hari setelah pendaftaran itu, ada telfon dari SGM menanyakan tentang biodata saya dan ada sedikit sesi wawancara, semua saya jawab apa adanya, tak ada satupun yang saya buat-buat.

Dan di suatu siang, saat itu cuaca begitu panasss…seperti biasanya, saya melakukan aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, tetiba suara handphone berbunyi dan terdengar suara merdu dari arah balik telfon sana.

 

”Selamat siang Bunda Frida…Selamat ya Bunda, Bunda terpilih menjadi Mombassador Batch 5”

WHATTTTT??? Saya gak percaya sama sekali dengan kabar ini…”beneran mbak?” tanyaku lagi.

“Benar Bunda…untuk keberangkatan tunggu kabar dari pihak travel, bunda akan berangkat tanggal 24 agustus nanti” jawab si pemilik suara merdu itu.

“Waahhh…makasih kabar baiknya ya mbakkkk…” Girangnyaaaa saya dengar kabar gembira ini.

Langsung deh telfon suami dan saya katakan “mimpi saya jadi kenyataan yah…saya akan ke Jogja” teriak saya.

Ini adalah bukti nyata, bahwa mimpi yang disertai usaha dan doa tak akan sia-sia.

Sejak saya menerima telfon dari SGM itu, hati saya berdebar-debar gak karuan (kayak habis ditembak mantan pacar dulu, yang sekarang jadi suami..heee). Berbagai persiapan pun saya lakukan, terutama persiapan fisik, saya melakukan lari tiap sore…skotch jam…push up…treatmill…(looo ini mau ikut mombassador apa wamil ya…haha becanda). Persiapan sih biasa aja ya…pokoknya jaga kondisi biar gak capek dan ready saat berangkat nanti.

Mobil travel dari SGM menjemput dari rumah.

 

Saat keberangkatan ke kota Gudeg-pun tiba, travel tiba di rumah pukul 06.30 WIB, dan siap membawa saya pergi menuju Bandara Juanda. Oh yaa…sebelumya kita-kita nihh yaa…para mombassador dari Jatim sudah janjian saat di bandara nanti pake dress code warna merah, ceritanya kita pengen merahin tu juanda. Dan saat tiba di Bandara Juanda, kita malah bingung cari bunda-bunda yang lainnya, ternyata disana buaanyakkkk yang pake baju merah, malah cleaning service bandara juga sragamnya merah…hahahahha.

Di bandara sudah ada beberapa Bunda dari Surabaya, ada Bunda Upik (bunda upik ini cantik sekali dan kocak…kami sering menyebutnya kepala suku), Bunda Nunung (bunda dari Sidoarjo ini ternyata pakarnya masak memasak, bahkan bukunya sudah melanglang buana seantero Indonesia dan bergelut didunia yang sama dengan saya yaitu dunia media), Ada Bunda Vonny (Bunda Vonny ini cantik ciri khasnya adalah warna kulitnya yang putih dan suka pakai bando), Lalu ada Bunda Icha (Bunda Icha ini kocak loohh, dia juga punya usaha di Taman Bungkul), Ada Bunda Ike Permana (bunda ika ini kalemmmm banget), yang terakhir ada Bunda Itha (Bunda itha ini keibuan sekali orangnya).

Berenam kami berangkat dari bandara Juanda. Walaupun ini adalah pertama kalinya kami bertemu, suasana hangat dan akrab sangat terasa diantara kami. Bayangin aja, biasanyakan kalo seseorang pertama kali bertemu itu masih malu-malu yaaa…tapi ini tiddaakkk sama sekali buk ibuk…kami malah melakukan berbagai gaya selfi yang pasti mengundang mata melihat kearah kami…hahaha. Yaaahhh…begitulah emak-emak kalau dipersatukan dan dibekali kamera…rasanya mubazir aja kalo tidak selfi sama-sama….hihiih.

Kami berenam naik pesawat WINGS, dan sesaat akan tiba di bandara Adi sutjipto, pesawat kami tidak bisa langsung landing karena ada latihan militer di Bandara. Tentu saja kami mendapat bonus muter-muter di udara selama 40 menit lagi. Yaahhh…lumayanlah bisa liat pemandangan awan lagi dari atas pesawat.

Ada yang menarik saat kami keluar dari Bandara Adi Sutjipto, kami dijemput pihak travel, dan bak seorang artis, ada kameramen yang siap siaga mengabadikan kedatangan kami berenam…aihhh..artis dadakan nihh yeee…:)

 

DAY 01

Rombongan Surabaya tiba di Greenhost Boutique Hotel sekitar pukul 14.00 WIB, langsung melakukan registrasi dan mengisi kuisioner yang lumayan puanjangggg, sampe-sampe cacing di perut saya protes terus..hhihi. Dan hebatnya tim crew mombasador ini tahu banget dengan kondisi kami yang sangat lelah dan kelaparan, kami berenam langsung dipersilahkan untuk lunch (serbuuuu…, eehhh mombassador kok gitu sih…hahaha).

Menu makan siang.

 

Satu demi satu bunda-bunda dari berbagai daerah dari sabang sampai merauka pun tiba di hotel. Saling bersalaman, berkenalan, aahhh…saya sendiri tak pernah membayangkan akan punya teman dari berbagai daerah. Dari Papua, Aceh, Sorong, Makassar dll.

 

Saat foto session.

Bunda Maisa dan Bunda Reza adalah crew panitia dari Mombassador SGM eksplor ini. Mereka mempersilahkan kami melakukan foto session untuk foto profil. Dan saya memilih foto session di rooftop Greenhost Boutique Hotel ini, karena disini spotnya unik, ada berbagai tanaman hidroponik yang cantik dan hijau. Hotel ini memang sangat unik, dindingnya yang bertekstur semen dan mengusung konsep green untuk menjadi salah satu ciri khasnya. Tidak salah jika film Ada Apa Dengan Cinta yang dibintangi Dian sastro dan Nicholas Saputra, memilih hotel ini untuk menjadi salah satu tempat syuting mereka.

View kolam renang yang cantik dan asri.

 

View tampak dari dalam hotel.

 

Aneka tanaman hidroponik di rooftop hotel.

Selesai foto session kami diantar ke Hotel Indies tempat kami menginap, Mombassador SGM Eksplor batch 5 ini memang sangat banyak sekal, total ada 92 Bunda dari berbagai belahan Nusantara karena itulah Hotel tempat menginap dibagi menjadi dua dan saya sendiri kebagian menginap di Hotel Indies (tunggu ya review saya tentang hotel Indies ini).

Tiba di Hotel Indies, saya mendapat kamar nomor 210 dan satu kamar dengan Bunda Rosalinda yang berasal dari Bogor.

 

Selesai istirahat dan bersih-bersih badan, saya berserta mombassador yang lainnya berkumpul di lobby hotel Indies untuk kembali menuju Hotel Greenhost Boutique Hotel. Acara perkenalan TEMU BUNDA SGM 2017 dimulai setelah makan malam. Dan saat sesi perkenalan beberapa bunda dari berbagai daerah maju kedepan untuk memperkenalkan nama dan daerahnya. Game perkenalan menjadi seru saat Bunda Upik memperkenalkan diri dengan menyapa perserta memakai bahasa Suroboyoan…gggrrrr…tawa kami lepas malam itu dengan tingkah pola Bunda Upik yang sangat kocak.

Suasana sesi perkenalan di hari pertama.

 

Disini mombassador mendapatkan edukasi,  apa sih sebenrnya MOMBASSADOR SGM EKSPLOR itu? jadi, mombassador SGM Eksplor ini adalah Komunitas Bunda-bunda SGM Eksplor pilihan, kami mombassador mendapatkan pelatihan dan edukasi dengan misi Nutrisi untuk Bangsa, disini kami juga mendapat socialpreneur dan pemberdayaan Bunda Indonesia agar menjadi bunda yang diharapkan bisa mengnspirasi para bunda yang lainnya.

Beruntungnya saya terpilih menjadi mombassador SGM, karena dengan menjadi mombassador, akan mendapat previllage dalam berbagai kesempatan acara yang akan diadakan oleh SGM Eksplor yaitu Akses spesial untuk informasi terbaru dan beberapa program SGM Eksplor, Sebagai representatif ibu-ibu Indonesia, menjadi bagian dari tim inovasi Sarihusada dan SGM eksplor. Bersama SGM Eskplor, membantu upaya pemberian akses nutrisi sebanyak-banyaknya untuk keluarga Indonesia.

Dan diakhir acara perkenalan ini, semua crew panitia dan mombasador batch 5 melakukan foto bersama…”saaayyyyy jogjaaaaaa….”

Tunggu Part II nya yaaaa…karena di Hari kedua dan ketiga akan semakin serruuu…

 

 

20 Comments

  1. aduhhh makkkk … baguzsss banget sih pemaparannya.. lengkap & informatif.Saran : klo ditambahi cara daftarnya jd mombassador nyarinya dimana gitu,ada link-kah??atau gabung di Medsos Aku Anak SGM.Karena kalo saya tahunya malah dari link blogger .. TWO THUMBS FOR YOU mak Frida.. suroboyo bangga punya blogger kayak dirimu.. nulisss teruss yaa.. ditunggu Part II,III… muachhhh

  2. Saya kangen makann nya deh,ya ampun bunda sih ada foto makanan nya.hehe kata orang kalau udah sekali makan disuatu tempat,Insya Allah nanti bisa balik kesana lagi.Aminnn..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*