Tips Mendapatkan Sewa Rumah Murah

foto istimewa

Untuk membeli barang berharga dengan membutuhkan uang yang besar, pasti kita punya banyak pertimbangan, begitu pula untuk menyewa rumah. Sewa rumah murah menjadi pilihan beberapa orang sebagai langkah awal untuk membangun rumah impian. Oleh karena langkah ini merupakan pondasi awal maka harus juga dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Alasan Menyewa Rumah

1. Bagi Pasangan Baru

Untuk keluarga baru setelah mengalami jenjang pernikahan, sewa rumah murah merupakan salah satu usaha kemandirian lepas dari orang tua. Tinggal dengan orang tua tentu memberikan keuntungan bagi pasangan muda ini dalam mengatasi masalah ekonomi, seperti tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa atau harga beli tempat tinggalnya.

Namun, dari beberapa pengalaman, memulai keluarga kecil dengan sewa rumah murah akan memberi lebih banyak keuntungan seperti, penyesuaian diri, kemandirian sejak dini,  waktu dengan orang tua lebih berharga, bahkan hingga dapat mempengaruhi pola pengasuhan dan pendidikan anak mereka.

Dua orang yang baru saja membuat keputusan besar dalam hidup mereka, yakni membentuk keluarga sendiri, pasti akan membutuhkan banyak penyesuaian diri. Proses penyesuaian diri yang terjadi  tentu akan lebih terasa sensasinya jika mereka hanya benar-benar berdua. Untuk itu, sewa rumah murah menjadi pilihannya. Tak jarang, proses ini akan memercik beberapa pertengkaran kecil yang mungkin saja ada. Nah, kita harus mulai mempertanggung jawabkan semuanya berdua kan ya?

 

2. Bagi Para Mahasiswa atau Perantau

Kalau dihitung-hitung dengan rinci, ternyata menyewa rumah lebih murah pengeluarannya dibandingkan dengan menyewa satu kamar kos saja. Banyak dari mahasiswa atau para pekerja  yang tinggal di perantauan yang sudah menyadari perbedaan ini. Oleh karena itu, sewa rumah murah mulai dijadikan solusi untuk menekan pengeluaran di tanah rantauan.

Sewa rumah murah biasanya dijadikan salah satu pertimbangan untuk mengumpulkan uang tabungan guna nantinya membeli rumah atau membangun istana impian sendiri. Yah, tidak salah bukan?

Beberapa di antaranya menjadikan sewa rumah murah sebagai pilihan karena tuntutan kebutuhan yang lebih diprioritaskan untuk jangka pendek ini. Kemudian yang lainnya menjadikan pilihan ini sebagai salah satu alternatif karena belum memiliki gambaran pasti untuk masa depan sehingga belum ingin membeli rumah kota tersebut. Sebagai contoh rumah dijual di Palembang.

Beberapa hal yang diperhatikan saat menyewa rumah :

Kondisi Fisik

Kondisi fisik bangunan yang ditawarkan untuk hunian pastikan akan memberikan kenyamanan yang Anda cari. Poin-poin yang mendukung kenyamanannya ini bisa seperti  cat  yang  merata, tidak ada yang mengelupas, atap yang aman dari kebocoran, pintu dan pagar yang kokoh, dan ketersediaan air bersih yang memadai.

Hal ini sangat penting  untuk diketahui dengan jelas sebelumnya. Kenapa? Ya supaya di pertengahan sewa rumah murah ini nanti Anda tidak akan kehilangan sejumlah uang guna melakukan renovasi. Kan sayang uangnya, kita memperbaiki yang bukan rumah kita dan mungkin akan ditinggal karena waktu sewa sudah habis atau alasan lainnya.

Lokasi

Poin kedua yang penting sebagai bahan pertimbangan yang mendasar adalah lokasi rumah tersebut. Pilihlah lokasi rumah yang Anda sewa, yang dekat jaraknya dengan tempat di mana Anda melakukan aktivitas seharian, misalnya untuk belajar, kuliah, atau bekerja. Alasan ini dipilih supaya Anda dapat menekan pengeluaran untuk pos transportasi. Dengan demikian, Anda akan semakin mudah untuk mengumpulkan tabungan guna membangun istana impian atau rumah dambaan. Benar bukan?

Selain jarak dengan universitas, sekolah, kantor, atau perusahaan Anda bekerja. Perhatikan juga jarak hunian tempat tinggal Anda dengan masjid, supermarket, rumah sakit, stasiun, dan fasilitas umum lainnya. Meski bukan poin utama, setidaknya hal ini bisa menjadi poin plus yang bisa dipikirkan untuk memilih letak sewa rumah murah.

Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar tempat hunian Anda akan sedikit banyak mempengaruhi kesehatan. Pilih lingkungan yang bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, jauh dari daerah rawan banjir, dan pastikan selokan di dekatnya memiliki aliran yang lancar. Selain kebersihan, hal yang dipertimbangkan dalam memilih lingkungan adalah lingkungan yang baik, terlihat dari perilaku keseharian masyarakat, gaya hidup, dan hubungan yang satu dengan yang lainnya. Lingkungan yang baik ini juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda untuk tinggal di sana, dan terlebih lagi dari sisi keamanan Anda dan keluarga atau bersama teman seperjuangan.

Fasilitas

Ketika Anda memutuskan untuk sewa rumah murah, cari informasi sedetail-detailnya dari pihak yang menawarkan sewa. Apa saja fasilitas yang diperoleh dengan memilih rumah tersebut, misal dari sisi keamanan, akan ada sistem keamanan terpercaya di lingkungan Anda. Ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi, fasilitas MCK yang ada apakah masih berguna dengan baik, hal-hal tersebut perlu juga ditanyakan.

 

foto by http://mymatzikama.com

Bagaimana Anda bisa mendapatkan itu semua dengan harga murah? Simak tipsnya!

1. Berani Berpendapat

Ketika Anda mulai bertemu dengan pemilik rumah untuk menengok kondisi rumah yang akan disewa, jangan canggung untuk mengeluarkan pendapat Anda. Berkatalah dengan jujur tentang yang Anda lihat dengan kondisi rumah tersebut. Ingat, Anda lah nanti yang akan menghabiskan waktu di sana. Dengan mengerti  penilaian dari calon penyewanya, sang pemilik rumah kemudian akan juga mempertimbangkan harga yang dia tawarkan sebagai harga sewa.

2. Berperilaku Sopan

Ketika Anda berani berpendapat mengenai hal-hal yang Anda lihat ketika menyurvei rumah tersebut, jagalah tutur bahasa yang Anda gunakan. Katakan uneg-uneg tersebut dengan sopan, sehingga tidak akan menyakiti perasaan pemilik rumah, dan sampaikan juga dengan apa adanya, tidak mengada-ada dengan kenyataan yang terpapar nyata di depan Anda.

3. Saling Memahami

Seperti Anda yang ingin dimengerti keadaannya oleh pemilik rumah sehingga mencari sewa rumah murah, Anda pun perlu melakukan hal yang sama. Hubungan timbal balik yang baik ini akan sama-sama memberikan kepuasan bagi kedua belah pihak saat menetapkan harga sewa.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*