Wisata Kuliner Legendaris di Kota Malang

foto: disperkim.malangkota.go.id

Malang adalah salah satu kota pupuler di Provinsi Jawa Timur. Tak salah jika Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Udaranya yang sejuk menambah betah siapapun yang berkunjung ke kota pelajar ini. Wisata di Malang memang sangat beragam, mulai dari wisata alam dengan pemandangan pegunungan yang indah, wisata edukasi, wisata modern dan yang tak kalah menarik adalah wisata kuliner.

Berbicara wisata kuliner di kota Malang, banyak sekali jenis kuliner khas Malang yang siap memanjakan lidah. Tapi bagi saya asli orang Malang, menikmati kuliner di tempat legendaris di kota Malang adalah hal yang paling menarik. Karena, bukan hanya suasana tempatnya saja yang menarik perhatian tapi rasa dari makanan yang disajikan  bisa membawa saya sedikit bernostalgia.

Ada beberapa kuliner legendaris yang dekat dengan Hotel di Malang sehingga jika kita ingin menikmati suasana kota Malang sambil berkuliner tidak akan terlalu jauh dari tempat kita menginap. Berikut beberapa tempat kuliner legendaris yang bisa kalian kunjungi saat berada di kota Malang.

1. Toko OEN Malang

foto: situsbudaya.id

Berada di depan alun-alun kota Malang, Toko Oen Malang adalah restoran legendaris dengan menu andalan ice cream, pattisiere dan minuman juice dengan gaya klasik Belanda yang tetap bertahan dalam setiap nuansanya. Saat memasuki restoran ini kita akan merasakan suasana tempo dulu, mulai dari pramusaji yang berbusana khas kolonial sampai setiap sudut interior dan furnitur Toko Oen ini terbuat dari kayu kuno yang terawat. Tentu saja kalau kesini pilihan menu favorit saya adalah ice cream nya yang lembut.

 

2. Soto Ayam Lombok

foto: aremafood

Soto ayam lombok ini salah satu menu favorit pilihan keluarga saya. Jika kami sedang jalan-jalan ke pusat kota Malang, ujung-ujungnya Bapak selalu mengajak makan bersama di Soto Ayam Lombok ini. Ada yang berbeda memang soto ayam lombok ini dari soto yang lain, bukan hanya kuahnya yang segar tapi isian dari soto ayam lombok ini sangat beragam. Mulai dari irisan ayam kampung, irisan kentang rebus yang menurut saya super besar irisannya, bihun, kecambah sampai koyah yang melimpah dan disajikan dengan mangkuk lucu khas Soto Ayam Lombok benar-benar menggugah selera, jangan lupa saat makan soto ayam lombok ini tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan krupuk ikan berukuran super besar  yang ada disini. Di wilayah Malang sendiri, soto ini memiliki banyak cabang seperti di daerah Tlogomas, Tawangmangu, Lawang, Singosari.

 

3. Warung Lama Haji Ridwan

Memasuki Pasar Besar Kota Malang kita akan menemukan sebuah warung kuliner legendaris yang cukup jadul. Ada menu wajib yang harus dicicipi saat makan disini yakni Nasi Rawon, Sate Komoh Bakar, Otak Goreng (ini superrrr enakkk), Sate Usus Sapi. Pada awalnya di tahun 1919, Haji Ridwan pendiri warung ini telah berjualan hanya dengan menggunakan pikulan dan belum memiliki warung. Pada saat itu sebenarnya dia telah berjualan di pasar besar hanya saja belum ada warung bentuk permanen hingga tahun 1925.

Meski memasuki pergantian generasi, resep yang sama tetap dipertahankan hingga kini dan membuatnya menjadi favorit banyak orang. Lokasi warung ini berada di Pasar Besar Malang, lantai dasar #B15 -16. Dari pintu utama pasar di sebelah utara, langsung masuk ke arah pasar dan belok kanan di belokan kedua. Namun tentu saja jika Anda buta arah, langsung saja tanyakan lokasinya dan pasti cepat ditunjukkan jalannya oleh pedagang-pedagang dalam pasar. Setiap harinya warung ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

 

4. Mie Gajah Mada

foto: pinterest.com/melcarolina

Mie Gadjah Mada ini berlokasi di jalan Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Klojen Malang. Buat saya mie paling enak di kota Malang ya Mie Gadjah Mada ini. Beberapa menu yang tersedia disini benar-benar menggugah selera pecinta mie. Ada pangsit mie bakso, pangsit mie ayam jamur, Lumpia GM dan masih banyak lagi menu andalan dari tempat ini. Salah satu minuman yang menjadi favorit saya sejak kecil adalah Es kopyor, karena es kopyor disini benar-benar menggunakan kelapa kopyor dengan sirup pandan yang bikin segar tenggorokan. Suasana di tempat ini sampai sekarang tidak banyak berubah, meski begitu tempat ini selalu ramai pembeli karena kualitas rasa masih tetap dipertahankan.

 

5. Terang Bulan Madonna

foto: travelingyuk.com

Terang bulan Madonna ini terletak di depan Gajahmada Plaza, merupakan primadona bagi masyarakat Malang. Berdiri sejak era 90-an rasa dari setiap lapis terang bulan Madonna ini tetap nikmat dan tidak berubah sejak dulu. Bahkan kini varian rasanya semakin beragam seperti toblerone, durian, green tea dan lain sebagainya. Tidak seperti terang bulan kebanyakan, Terang Bulan Madonna ini begitu tebal dan lembut, dan saat memberikan isian penjual tidak pelit dan begitu kita gigit rasanya meleleh didalam mulut…hmmm…

Agendakan liburan kalian untuk mengunjungi Kota Malang dan nikmati aneka wisata kuliner legendaris yang pasti tidak akan terlupakan. Dan jangan khawatir karena 5 tempat kuliner legendaris diatas dekat lokasinya dengan hotel murah sampai dengan hotel bintang 5. Agar liburan kalian ke Malang menjadi fun traveling, pesan hotel melalui Pegipegi. Pegipegi terhubung dengan lebih dari 25.000 pilihan hotel domestik dan internasional, jaminan harga terbaik, rating & review terpercaya sehingga kalian dapat menemukan hotel terbaik. Informasi hotel akurat, termasuk fasilitas hotel dan objek wisata terdekat. Temukan hotel murah di kota Malang. Pegipegi juga resmi bekerja sama dengan grup hotel: Amaris Hotel, Aston Hotel, Best Western Hotel, favehotel, Grand Tjokro Hotel.

Nikmati proses pemesanan yang mudah dengan berbagai promo menarik dan pilihan metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga cicilan 0%. Tidak ketinggalan, customer service Pegipegi yang selalu siap membantu Anda dengan pelayanan profesional. Jadi tunggu apalagi? Segera download dan pesan tiket pesawat, hotel, serta tiket kereta api dengan harga promo hanya di Pegipegi!

 

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*