jalan

Menjelajahi Sudut Istana Gebang

Waktu liburan hari raya kemaren… saya dan suami menyempatkan jalan-jalan ke Kota Blitar. Setelah berputar-putar tanpa tujuan..eaaa….ternyata pak suami punya ide pengen banget ke rumah tinggal orangtua bung Karno, seperti apa sih… rumah orang tua Proklamator kita itu? Penasarankan? Saya sendiri belum pernah ke tempat ini, Yuuukkklahhh kita jalan-jalan sebentar ke rumah masa remaha Bung Karno.

Saat memasuki rumah ini, suasananya agak creepy juga ya, suasana rumahnya tempo doeloe banget…furniturnya masih asli semua, gak ada yang dipindah-pindah posisinya…!! Banyak karya seni lukisan di dinding rumah ini, seperti yang kita tahu BUng Karno adalah penikmat seni yang luar biasa, maka tidka heran jika rumah masa remaja beliau ini banyak karya seni lukisan.

Rumah ini dinamakan Istana Gabang atau dalam bahasa Jawa disebut dengan ndalem Gebang. Rumah ini letaknya tidak jauh dari Makam Bung Karno kira-kira 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar.

Kediaman ini sebenarnya milik bapak Poegoeh Wardoyo suami dari Sukarmini, kakak kandung Bung Karno. Selain ditempati oleh kedua orang tua Bung Karno, ditempat ini pula Sang Proklamator pernah tinggal ketika masa-masa remajanya.

Baca juga : rumah untuk anakku

Saya sedang berpose diantara foto-foto keluarga Bung Karno.
Pak Bayu dengan rambut godrongnya, pose dibawah lukisan tema perjuangan.
Pak Bayu sedang menikmati karya seni di istana Gabang.
Saya dan mobil tua keluarga Bung Karno.

Istana Gebang berdiri di atas lahan sekitar dua hektar. Keseluruhan bagiannya terdiri dari rumah utama, bagian ini terdiri dari ruang tamu yang cukup luas dengan perabot kursi model lama. Dan beberapa meja dan lemari kecil di sisi barat.Selain itu juga terdapat ruang keluarga yang juga cukup lapang dengan deretan kursi kayu berkombinasi anyaman rotan.

Di sana juga terdapat kursi kayu santai lengkap dengan bangku kecil sebagi penopang kaki. Kursi ini biasa digunakan Soekarmini Wardojo, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Wardojo, di masa hidupnya. Soekarmini adalah kakak dari Soekarno, yang menikah dengan Wardojo sebagai suami keduanya. Karena itu pula Istana Gebang lebih akrab bagi masyarakat setempat dengan sebutan rumah Ibu Wardojo.

Jika teman-teman sedang ke Blitar, bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah yang penuh dengan sejarah ini. Dan coba rasakan suasana rumah tua ini. Menurut saya suasana yang saya dapatkan saat berada di rumah ini, saya seperti berkunjung ke rumah tua kakek nenek yang ‘adem’ suasananya.

Referensi : wiki

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *