temu

WOW!!! Sereh Salah Satu Komoditas Lokal Berpotensi

Tumbuhan sereh atau serai yang dikenal sabagai salah satu bumbu masak ternyata juga bisa digunakan untuk kebutuhan produk kecantikan, perawatan diri, dan kesehatan. Penggunaan serai biasanya dengan diolah menjadi minyak esensial, aroma terapi, atau dikonsumsi dalam bentuk minuman.

Jadi jangan anggap remeh tanaman sereh, dengan beberapa batang sereh kamu bisa mendapatkan khasiat yang tidak kalah dengan paket kecantikan ratusan bahkan jutaan rupiah.

Bila dilihat dari tempat tumbuh kembang tanaman sereh, ini merupakan komoditas lokal yang sangat mudah untuk di budi daya. Bahkan di beberapa lokasi tanaman sereh sudah menjadi industri yang bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Karena selain untuk produk kecantikan, khasiat minyak sereh juga terbukti sebagai tanaman herbal untuk mengobati beragam penyakit.

Bila di sandingkan makan bisa dipastikan bahwa bahan alami seperti minyak sereh tidak mempunai efek samping yang berbahaya bila dibandingan dengan kosmetik yang menggunakan bahan kimia. Jadi memang sudah saatnya kita mau tidak mau harus merubah pola pikir kita untuk mengutamakan bahan non kimia, terutama untuk kosmetik yang langsung berhubungan dengan tubuh.

Minyak Multifungsi

1. Antioksidan

Sereh yang diolah dalam bentuk teh seringkali dipercaya memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Kandungan sereh dianggap dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Saya sendiri pecinta minuman sereh yang dicampur dengan gula aren yang diseduh dengan air panas, minuman ini sangat nikmat dan menghangatkan badan.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada sereh bisa meningkatkan produksi urine dari dalam tubuh, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

3. Meredakan Flu

Kandungan sereh memiliki sifat sebagai antibakteri dan antifungal. Manfaat sereh dapat membantu mencegah kita dari flu. Mengonsumsi teh sereh juga dapat membantu mengeluarkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

4. Mengatasi luka gigitan serangga

Manfaat yang satu ini bukan rahasia umum lagi, dari nenek kita dulu pasti setelah di gigit nyamuk atauserangga lain langsung diolesi minyak sereh. Hal ini karena kandungan citronella dalam sereh bisa membantu meredakan luka gigitan serangga seperti nyamuk. Selain itu, meletakkan sabun sereh dan sabun lain yang beraroma herbal di lemari juga ampuh mengusir serangga. Saya sendiri sering melakukan ini dan sangat terbukti ampuh mengusir nyamuk ketimbang mengunakan bahan kima yang membahayakan tubuh kita.

5. Meredakan Nyeri Haid

Pada saat datang bulan rasanya tidak nyaman sekali kalo dibarnegi dengan rasa nyeri yang melilit perut kita. Kandungan , cobalah minum teh sereh hangat. Kandungan dalam sereh dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid dan membuat perut terasa lebih nyaman.

6. Baik untuk Menjaga Rambut Kita

Sereh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit rambut. Kita bisa menggunakan sabun sereh yang dicampur dengan minyak tertentu dan gunakan saat keramas. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi kutu atau infeksi kulit kepala.

7. mengatasi Jerawat

Sereh mengandung zat antibakteri dan antijamur yang sangat cocok digunakan mereka dengan kulit sensitif terhadap jerawat. Caranya pun mudah, cukup dengan membasuh wajah dengan minyak sereh sekitar dua tetes saja, secara berkala untuk mendapatkan hasil terbaik. Cantik memang butuh perjuangan tapi tidak harus selalu mahal selama kita bisa mencari peluang untuk mendapatkan bahan yang ramah lingkungan dan akhirnya juga akan mengarah ke ramah sosial.

Baca juga: Saatnya Menikmati Kopi di Gubog Kopi

Menghasilkan Banyak Keuntungan

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha minyak sereh sebenarnya tidak sulit dan tidak juga mahal. Sereh yang mudah tumbuh di mana saja sangat cepat untuk di budidaya meskipun di lahan yang sempit. Komoditas sereh  mempunyai resiko rendah karena sangat mudah tumbuh.

Proses penyulingan minyak sereh bisa menggunakan alat sederhana, bahkan alat destilasi bisa di beli dengan harga di bawah Rp5juta untuk satu unitnya. Alat tersebut bisa langsung menghasilkan minyak sereh dengan kualitas bagus untuk dipasarkan. Kita tinggal memasukkan sereh yang sudah dipotong  kedalam wadah yang nantinya akan di panaskan dan menghasilkan minyak dengan nilai ekonomis yang cukup besar.

Untuk sekala menengah bisa dikembangkan dengan menggandeng perangkat desa sebagai salah satu program masyarakat sejahtera. Disitu di kembangkan sistem mitra kerja untuk memberdayakan warga lokal. Jadi warga tidak lagi kesulitan mencari alat destilasi untuk mengolah hasil panennya, cukup satu saja dengan skala besar.

Warga bisa menanam sereh di lingkungan mereka dan saat panen bisa langsung di jual untuk di suling menghasilkan minyak sereh. Dengan nilai tambah yang dimiliki maka secara otomatis nilai ekonomisnya juga akan meningkat. Keuntungan yang di dapat juga lebih besar daripada hanya dijual sebagai bumbu masak.

Pembentukan koperasi atau badan usaha desa sangat di sarankan untuk kelanjutan pengembangan bisnis dari minyak sereh di suatu wilayah. Karena dengan pengelolaan yang baik maka akan menghasilkan keuntungan yang baik pula.

 2,850 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *