tips

Motor Itu Perlu Perawatan Rutin

Sebagai perempuan yang sering mondar mandir dengan mengendarai  sendiri motor matic, bak ojek online dari pagi sampai petang… kalo berurusan dengan sepeda motor , saya termasuk orang yang super cuek. Karena saya masih berfikir bahwa service motor itu adalah tugas suami. Cueknya aku tuh sampai mikir begini…

“Kenapa sih harus ganti oli segala, kan cuma muter muter di mesin aja”…

“Gak perlu dirawat merk motorku kan keren”…hahaha parah.

“Gak perlu servis ntar kalo rusak tinggal ke bengkel aja”…ini nih…yang bikin kantong tiba-tiba jebol.

Ibu-ibu memang suka begini nih…mungkin ibu itu aku aja sih hahahaa. Habis gimana yaaa… asal motor bisa jalan aja udah oke berarti.

Daaannn…akhirnya beneran suatu saat, pas suami lagi dinas keluar kota agak lama dan motor dibiarin aja gak diservis, jebollah kantong ini….akhirnya aku tuh ngerti banget pentingnya servis motor secara berkala. Karena apapun itu terutama mesin motor wajib dan harus dilakukan perawatan atau servis secara rutin. Bila tidak pasti akan banyak masalah yang muncul.

Motor mogok pas sedang di kejar deadline, motor mogok di tengah malam dilokasi yang sepi…widiihh kalo ini nih seremmm banget.  Pasti gak ada yang mau mengalaminya. Jadi mulai sekarang apapun merk motormu, apapun jenis motormu lakukan perawatan rutin atau service minimal 1 bulan sekali atau setiap 2.500 kilometer.

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Gak usah takut ribet, perawatan rutin itu mudah dan tidak banyak. Perhatikan 8 komponen saja.  Apa aa sih 8 kmponen tersebut?

1. Oli Mesin

Sejak jebolnya sepeda dan automatis bikin jebol kantong saya waktu itu saya jadi rutin ganti oli motor matic sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2.500 Km. Fungsi oli mesin sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Jadi kondisi oli harus prima dan bagus. Semakin lama dipakai kualitas oli akan semakin menurun dan akan merusak mesin bila tidak segera diganti.

Tapi tenang, dengan makin canggihnya teknologi termasuk oli, saat ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x. Ya benar jarak tempuhnya 2x lipat dari rekomendasi pabrik. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi pastikan saja kita menggantiolu yang tepat untuk motor kita.

2. Oli Gardan / Oli Gear

Yang ini khusus untuk motor matic dan sangat sering dilupakan oleh pemiliknya. Fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya 2x ganti oli mesin, baru 1x ganti oli gardan. Mohon di ingat ya.

3. Busi

Komponen ini sangat sering jadi biang mogok motor. Fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi rusak atau sedang tidak dalam kondisi baik, motor sulit dinyalakan atau langsung mogok. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara di motor di topang salah satunya oleh komponen rem. Sistem pengereman yang prima, membuat berkendara menjadi lebih aman. Jadi periksa kondisi rem, jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan.

5. Filter Udara

Mesin butuh udara yang bersih bebas debu dan kotoran. Fiter udara yang baik membuat udara yang masuk kemesin bersih dan membuat kinerja mesin menjadi baik. Filter udara kotor akan membuat udara menuju mesin menjadi kotor, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

6. Aki atau Accu

Mesin membutuhkant tegangan listrik yang stabil untuk kinerja optimal. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Saat mesin menyala, tegangan aki lebih tinggi pada 13,7 – 14,2 Volt. Kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Bangundul rawan kecelakaan. Pemeriksaan ban sangat penting ketika hendak bepergian. Saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak).

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Sekali-kali tune up disertai dengan ganti oli mesin,  ganti oli gardan, atau mengganti sparepart. Tapi jangan khawatir, mekanik akan meginformasikan terlebih dulu, jika kamu setuju baru mekanik akan melakukan perbaikan.

Servis Perlu Bengkel Handal

Kalau mau servis, jangan sembarangan mencari tempat serice teman-teman…ini mempangaruhi banget sama hasil motor kita nanti. Untuk mendapatkan servis yang bagus, kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Kalo aku sih tentu saja tetap ke Planet Ban yaaa. Kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Jadi, tujuan melakukan jenis service motor kita itu kan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Jadi begitulah, saat keluar dari planet ban setelah melakukan serivice kita akan merasakan mesin rasa baru.

Baca Juga : Manfaat IDN APP

Apa itu aja manfaat serivice di Palnet Ban? Tidaklah!!!

Di Planet Ban itu menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Jadi otomatis mesin jadi lebih awet.  Demikian juga saat menggunakan sparepart asli, maka saat memakai motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng. Penggantian oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), jadi tidak perlu sering ke bengkel. Dengan begitu biaya servis jadi lebih hemat. Oh ya yang palign pentign nihhhh kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Servis Lain

Coba deh kalo kalo kamu servis di tempat lain perhatikan baik-baik kondisi kebersihan tempatnya…wuihh pasti banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertingga; di beberapa bagian mesin motor. Tidak jarang ditemukan kotoran di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Lain lagi kalo kamu servis motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran jadi keliatan seperti motor baru.

Yaaa itulah senengnya service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru deh. Alhasil, tarikan jadi enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BB<, dan mesin jadi bersih semua.

Untuk urusan harga, service motor di Planet Ban yang super lengkap seperti ini, amat sangat terjangkau sekali. Service motor injeksi Cuma Rp.20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp.19.500,- dan service throttle body cuma Rp20.000,-

Jadi jangan lupa rawat kendaraan kamu secara rutin. Dan yang paling penting bengkelnya di Planet Ban. Karena kamu bisa merasakan sensasi servis rasa motor baru. Kapan terakhir kali kamu servis?

Loading

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *